Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

KKJST Jalin Tali Silaturahim antar Suku dan Agama

PALU – Kerukunan Keluarga Jawa Sulawesi Tengah (KKJST) dalam mengisi bulan Ramadan yang penuh hikmah dan magfirah ini diisi dengan kegiatan keagamaan salah satunya yakni kegiatan buka puasa bersama. Sedikitnya ada 7 titik lokasi yang nantinya akan ditutup dengan kegiatan Nuzulul Quran di Gedung Eko Wandowo Palu.

Sekretaris Umum KKJST, Dr Ali Hafid MPd mengatakan, kegiatan buka bersama pertama itu dilakukan di Kantor dari H Hasan Bastari, Jalan Tanjung Tururuka yang rencananya akan dihadiri sekitar 300 masyarakat suku Jawa dan suku lainnya. Dari masyarakat Jawa berbagai agama juga akan hadir, dengan tujuan di bulan Ramadan ini untuk mempererat tali silaturahmi dan saling berbagi.

Selain masyarakat, Kepala RRI Palu Heri Haryono dan sebagai pembicara Alimudin Paada, Anggota DPRD Sulteng, sementara penceramah yakni Prof Dr Ashari, Dinas Perhubungan Drs Karim, tokoh Arab Muhammad, Tokoh Kristen Hadikusumo, dan tokoh Forum Masyarakat Kaili yakni Rahmat dan Winoto juga direncanakan hadir. Buka puasa ini juga akan mengundang anak-anak yatim dan berbagi santunan bersama mereka.

“Jadi, bukan saja untuk kerukunan Jawa, tetapi untuk kerukunan keluarga yang lainnya dan seluruh unsur agama diharapkan bisa hadir. Apalagi baru saja selesai pesta demokrasi, jadi bisa saling menjalin komunikasi kembali,” kata Dr Ali Hafid kepada Radar Sulteng, belum lama ini.

Lanjut dia, untuk buka puasa di titik kedua rencananya di kediaman H Sukardi di Jalan Tanjung Dako, salah seorang pengusaha bawang goreng dari Jawa Timur. “Kemudian, buka puasa ke tiga dan seterusnya di kediaman Teguh Hardiyanto, H Winoto Sunaryo, Ir H Munari, dan di kediaman H Hindro Surahmat,” sebutnya.

Selain itu, di buka puasa kedua beberapa tokoh masyarakat diundang seperti Hidayat Lamakarate, beliau sekaligus sebagai Pembina KKJST dan sering menghadiri kegiatan KKJST. “Termasuk dalam undangan Wakil Wali Kota Palu,” singkatnya.

Menurutnya, ada menu-menu khas Jawa karena sering kali orang Jawa itu kangen terhadap daerahnya, sehingga menu khas Jawa itu disajikan. Karena sesepu di Jawa itu biasa sangat menyukai hidangan-hindangan tradisional khas Jawa disajikan saat berbuka puasa. Dia mengungkapkan, kegiatan buka puasa ini tujuannya untuk menjalin dan membangun tali silaturahmi antara sesama orang Jawa yang membawahi 34 kerukunan di Kepulauan Jawa akan ada satu perwakilannya masing-masing.

“Mahasiswa-mahasiswa juga kita undang yakni dari Universitas Tadulako, IAIN, Unismuh, Unisa, Akper dan Akbid. Jadi ini bersifat untuk umum, untuk Sulteng bangkit dan Palu kuat,” jelasnya.

KKJST sendiri membawahi kerukunan lain seperti dari Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Madura, dan Jawa Timur. Semua berkumpul dengan nama masing-masing. Sementara itu, Ketua Umum KKJST Hindro Surahmat memberi pesan agar masyarakat suku Jawa bisa saling berbagi ke sesama di bulan Ramadan. Artinya tidak memandang suku dan ras agama. Karena agama manpun menganjurkan saling berbagi dan menringankan beban orang lain. “Dan tentunya masyarakat Jawa menjaga kesatuan dan persatuan NKRI. Jangan mudah terprovokasi oleh hal-hal tertentu yang menimbulkan perpecahan,” tutupnya. (acm)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.