Ketum FKUB Sulteng Apresiasi Kerukunan Ummat Beragama di Morut

- Periklanan -

MORUT – Ketua Umum Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah Prof Dr H. Zaenal Abidin MAg mengapresiasi kerukunan ummat beragama di Morowali Utara.

Kebanggaan tersebut diungkapkan Zaenal Abidin saat melakukan kunjungan dan diskusi bersama Ketum FKUB Morut Sukriadi S.Fil.I di Sekber FKUB Morut Kelurahan Bahoue, Kecamatan Petasia, Minggu (10/3) malam.

Pertemuan itu juga dihadiri Sekertaris FKUB Sulteng Dr Muhtadin Dg Mustafa Mhi, Sekretaris FKUB Morut Ir Martson Lagarense MM dan sejumlah tokoh agama setempat.

Dalam dialog dan tukar fikiran tentang kondisi ummat beragama di Morut dan Sulteng secara umum, Sukriadi menyampaikan kondsi ummat beragama di wilayahnya yang sangat heterogen, namun tetap bisa hidup rukun dan damai.

Hal ini, menurut Sukriadi, terjadi karena adanya kesadaran masyarakat untuk terus memlihara kerukunan ummat beragama di daerah itu.

“Memang ada masalah-masalah di lapangan, namun bisa diselesaikan oleh masyarakat sendiri melalui jalur musyawarah dan lembaga adat,” ujarnya.

Sukriadi yang juga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Petasia ini mengatakan bahwa untuk memelihara kerukunan tersebut, beberapa hal penting telah dilakukan seperti membentuk FKUB sampai di tingkat kecamatan.

Selain itu, FKUB Morut juga telah membentuk Desa Harmoni di setiap 10 kecamatan serta menjalankan program-program lain yang langsung menyentuh kehidupan ummat beragama.

- Periklanan -

“Semua yang telah kami lakukan berdampak positif sehingga kerukunan ummat beragama di Morut tetap terjaga,” tandas Sukriadi.

Mendengar penyampaian tersebut, Zaenal Abidin merasa bangga dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan FKUB Morut.

Ia yakin, upaya-upaya di atas akan sangat berguna untuk menjaga kedamaian dan kerukunan antar ummat beragama di Morut.

“Semoga kondisi ini akan selalu terjaga,” harap Zaenal.

Zaenal yang juga Ketua MUI Kota Palu ini juga menyampaikan agenda kerja FKUB se Sulteng untuk mensinergikan program-program lembaga tersebut.

“Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan rapat kerja FKUB se Sulteng. Harapannya semua bisa hadir,” imbaunya.

Di akhir pertemuan itu, Zaenal Abidin mengingatkan kepada seluruh anggota FKUB agar tidak terlibat politik praktis.

“FKUB wajib mendukung pemilu yang indah. Kita tidak boleh terlibat politik praktis,” tegasnya.

Kehadiran Zaenal Abidin di Morut juga dalam rangka pelaksanaan Seleksi Tilawtil Quran dan Hadist (STQH) ke-25 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam iven ini, Zaenal bertugas sebagai Ketua Pengawas Dewan Hakim. (ham)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.