alexametrics Ketua Yayasan Atasi Kisruh di STIE PB Palu – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Ketua Yayasan Atasi Kisruh di STIE PB Palu

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU-Menyikapi kekisruhan yang terjadi di kampus Yayasan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Panca Bhakti (STIE-PB) Palu, oleh pihak Senat yang merasa keberatan atas pembekuan SK senat oleh Ketua STIE. Dalam hal ini, H. Rendy Lamadjido selaku pemilik Yayasan STIE PB Palu, terpaksa angkat bicara.

Karena merasa friksi atau gesekan-gesekan yang terjadi di kampus tersebut, sekiranya bisa diselesaikan secara musyawarah, mufakat. Tidak mesti harus berkoar-koar di media sosial (medsos).

Sebagai pemikir dan orang intelektual, kata Rendy Lamadjido jangan sampai setiap ada masalah di internal kampus STIE Panca Bhakti Palu ini harus selalu diumbar di medsos.

” Bila ada masalah, semua bisa dimusyawarahkan sehingga ada solusi atas masalah yang terjadi. Pola berpikirnya orang yang intelek. Bukan setiap masalah harus diumbar di medsos, ” kata H. Rendy Lamadjido, Sabtu (4/12).

Menurutnya, pembekuan SK Senat yang dilakukan oleh Ketua STIE itu merupakan sikap yang bijak dalam menyikapi masalah yang terjadi. Lagian itu juga menjadi hak prerogatif Ketua STIE Panca Bhakti Palu.

” Otomatis dengan pembekuan SK tersebut, kepengurusan Senat tidak dibolehkan lagi untuk melakukan aktivitas di kampus. Sementara dirinya sebagai Ketua Yayasan STIE Panca Bahkti Palu, hanya bisa menanggapi keputusan Ketua STIE secara positif sesuai peraturan yang berlaku.

Dikatakannya, harus diketahui bahwa Senat akademik adalah badan normatif tertinggi pada perguruan tinggi di bidang akademik. Tugas Senat akademik adalah menyusun kebijakan akademik perguruan tinggi, menyusun kebijakan penilaian prestasi, kecakapan, serta kepribadian civitas akademika, merumuskan peraturan pelaksanaan kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan perguruan tinggi.

Senat akademik merupakan suatu badan pertimbangan di akademik kampus. Semua tupoksinya berkaitan dengan akademik. Namun dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Senat tidak boleh melampaui kewenangan ketua, ” pungkas H. Rendy Lamadjido.

Diapun mengajak kepada semua pihak di Yayasan STIE Panca Bhakti Palu, untuk duduk bersama membahas setiap persoalan yang ada.

” Mari kita duduk bersama, besarkan kampus ini dan biarkan semuanya berjalan dengan baik dan kondusif,” imbaunya.

Terkait masalah usia ketua STIE Panca Bhakti Palu, yang dituding bahwa pihak Senat juga keberatan atas hal tersebut. Kata H. Rendy, bahwa itu tidak masalah kalau ada pihak yang keberatan. Sebab tidak ada aturan yang mengikat.
” Inikah kampus yang dibawah nauangan Yayasan. Jadi, sepanjang pihak Yayasan tidak keberatan, tidak ada aturan yang mendasar untuk memberhentikan Ketua STIE Panca Bhakti Palu hanya karena masalah usia yang dianggap sudah melampaui batas maksimal. Lagian ini kampus swasta yang dikelola oleh Yayasan. Jadi sah-sah saja sepanjang hal itu tidak merugikan kampus dan tidak melanggar aturan yang ada, “ tukasnya.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.