Ketua DPR RI akan Ikut Perjuangkan IAIN Jadi UIN Palu

- Periklanan -

BERCENGKRAMA: Rektor IAIN Palu, H Zainal Abidin (kiri) duduk bersama dengan Ketua DPR RI Setya Novanto yang menyempatkan diri mengunjungi IAIN Palu, Sabtu (7/1).

PALU – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sabtu (6/1) lalu, sekitar pukul 15.30 wita menerima kunjungan dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI), Drs Setya Novanto AK. Dengan menunggangi mobil alphard warna hitam, kedatangan pria yang akrab disapa Setnov ini disambut Rektor IAIN Palu Prof Dr H Zainal Abidin MAg beserta wakil-wakil rektor di gedung Rektorat Kampus IAIN Palu.

“Selamat datang pak ketua DPR RI, kami sangat bangga bapak bisa menyempatkan waktu mengunjungi IAIN Palu hari ini,” ucap Zainal Abidin saat berjabat tangan sekaligus memberikan pelukan hangat kepada Setnov.

Pertemuan dilanjutkan di ruangan kerja Rektor membahas perkembangan kampus. Rencana beralih status menjadi UIN dan pengembangan kampus di sektor lain menjadi pembahasan pertemuan yang dihadiri oleh beberapa pejabat daerah yang turut dalam rombongan Setnov adalah Ketua DPD Partai Golkar Sulawesi Tengah, Bupati Sigi, dan Ketua DPRD Sigi.

Setelah beranjak dari ruangan Rektor, Setnov menuju Auditorium kampus untuk menyampaikan ceramah kebangsaan sekaligus silaturrahim bersama mahasiswa IAIN Palu. Dalam inti ceramahnya, Setnov mengungkapkan, dari kunjungannya ke Kota Palu, baru kali pertama dia menginjakkan kaki di IAIN Palu, sekaligus menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) yang pertama dikunjunginya.

- Periklanan -

“Itu sejak saya menjabat sebagai pimpinan legislatif,” ungkap Setnov di hadapan ratusan mahasiswa yang hadir ketika itu.

Setnov berharap melalui “rahim” IAIN Palu ini dapat melahirkan mahasiswa yang memiliki kepribadian dan karakter yang baik, sekaligus didukung dengan pengetahuan agama yang maksimal.

“Turut menjadi perguruan tinggi Islam negeri yang menjadi andalan pemerintah Sulawesi Tengah di bidang pendidikan Islam,” sebutnya.

Terkait rencana beralih status IAIN ke UIN, Setnov menyambut baik dan memberi dukungan serta memperjuangkan peralihan status dari Institut menjadi Universitas tersebut. Kata Setnov, niat baik Rektor IAIN Palu ini akan difasilitasinya dan memberikan rekomendasi kepada Menteri Pendidikan karena ini merupakan suatu hal yang terbaik bagi mahasiswa yang berada di Palu dan secara umum di Sulawesi Tengah.

“Yang penting persyaratannya agar dilengkapi, dengan adanya lima ribuan mahasiswa dan peningkatan lainnya saya kira tinggal menunggu waktu saja IAIN menjadi Universitas,” ujarnya. (acm)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.