Kesenjangan Akses Keuangan Antardaerah di Sulteng Masih Tinggi

- Periklanan -

Ilustrasi (@jpnn.com)

PALU – Berdasarkan survei literasi keuangan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2016 lalu, indeks literasi keuangan di Sulawesi Tengah berada di angka 22,55 persen, dengan indeks inklusi sebesar 65.09 persen.

Jika dibandingkan dengan survei yang sama pada tahun 2013, secara garis besar masing-masing indeks literasi dan inklusi keuangan mengalami peningkatan secara berurutan 4 persen dan 30 persen.

Sementara, apabila merujuk data Sulawesi Tengah tahun 2015 sebagaimana yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tengah, dengan jumlah penduduk usia di atas 15 tahun yang mencapai 2.050.492 jiwa, terdapat lebih dari 715 ribu jiwa atau 34.92 persen penduduk Sulawesi Tengah yang belum mendapatkan akses kepada lembaga keuangan formal.

- Periklanan -

Selanjutnya, berdasarkan data Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tengah pada periode September 2016, rasio rekening simpanan terhadap jumlah penduduk adalah 62.58 persen, serta rasio rekening kredit terhadap jumlah penduduk adalah 8.82 persen.

Menurut Kepala OJK Provinsi Sulawesi Tengah Moh Syukri A Yunus, data tersebut terutama rasio kredit terhadap jumlah penduduk, menunjukkan masih terdapatnya Gap atau kesenjangan pada akses keuangan di Sulawesi Tengah yang perlu mendapat perhatian serius dari OJK dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Melihat data tersebut lanjutnya, OJK Sulawesi Tengah menilai masih terdapat Gap akses keuangan yang cukup kentara antar daerah di Sulawesi Tengah. Berdasarkan kajian OJK, akses keuangan merupakan salah satu variabel utama dalam mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat.

“Karena akses yang mudah bagi masyarakat terhadap layanan lembaga keuangan formal dalam bentuk simpanan dan kredit ataupun pembiayaan produktif, menjadi instrumen penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat itu sendiri,” ungkapnya kepada Radar Sulteng, belum lama ini. (hqr)

 

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.