Kesempatan Putra Daerah jadi Taruna BPSDMP

- Periklanan -

Kegiatan sosialisasi taruna BPSDMP kepada ratusan pelajar di Kota Palu, Kamis (30/3). (Foto: Muhakir)

PALU– Ratusan siswa-siswa hadir dalam sosialisasi rekrutmen calon taruna baru Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) lingkup Kementerian Perhubungan RI untuk tahun akademik 2017/2018, Kamis (30/3).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulteng, Abdul Haris Rengga mengatakan, Kementerian Perhubungan kembali memberikan kesempatan bagi anak-anak bangsa di seluruh Tanah Air, termasuk Provinsi Sulawesi Tengah untuk menjadi taruna dengan melanjutkan pendidikan pada lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan RI.

Lanjutnya, Kementerian Perhubungan memiliki sejumlah lembaga pendidikan antara lain Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

“Kebetulan sudah dua tahun ini, Pemprov Sulteng menjalin kerja sama dengan BPSDMP Kementerian Perhubungan untuk mengirimkan calon-calon taruna baru untuk didik menjadi taruna/taruni Diklat Perhubungan yang profesional dalam dunia transportasi darat, laut dan udara,” ungkapnya.

- Periklanan -

Dijelaskannya, baru ada tiga daerah yakni Pemkot Palu, Pemkab Sigi dan Pemkab Parigi Moutong yang telah melakukan MOu dengan BPSDMP Kementerian Perhubungan. Dua tahun lalu, Sulteng telah mengirim sekitar 13 orang anak-anak yang tamat SMA/SMK dan sederajat masuk STTD melalui pola pembibitan.

Ada dua pola yang dilakukan yaitu pembibitan dan reguler. Khusus anak-anak yang kini sementara mengikuti pendidikan di STTD masuk dalam pola pembibitan. Sementara untuk pola reguler, kata Haris baru akan dilakukan pada tahun akademik 2017/2018.

“Kita berharap akan ada calon-calon taruna baru dari Sulteng yang akan berminat melanjutkan pendidikannya ketiga lembaga pendidikan perhubungan tersebut,” kata dia.

Sementara Kepala Jurusan Prodi Diploma IV Transportasi Darat STTD, DR Efendhi Prih Rahardjo mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sangat berharap besar agar anak-anak bangsa di seluruh daerah, termasuk di Sulteng bisa masuk ke STTD, STIP dan STPI. Pendaftaran bisa dilakukan melalui online dengan beberapa persyaratan yang telah ditetapkan

“Ini kesempatan bagi para siswa-siswi yang lulus SMK/SMA dan sederajat untuk bisa masuk dalam pendidikan dimaksud karena selain biaya lebih murah, juga jalurnya ada dua melalui pembibitan dan reguler,” tandasnya. (hqr)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.