alexametrics Kesbangpol Sigi Harapkan Partisipasi Masyarakat di Pilkada Meningkat – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Kesbangpol Sigi Harapkan Partisipasi Masyarakat di Pilkada Meningkat

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

SIGI-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sigi menggelar sosialisasi bagi masyarakat di Kecamatan Dolo Barat, dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilihan digelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sigi tahun 2020.

Sosialisasi partisipasi masyarakat pada Pilkada serentak di Kabupaten Sigi yang digelar Badan Kesbangpol Sigi di Kecamatan Dolo Barat dibuka oleh Bupati Sigi diwakili Asisten I Bidang Kesramas Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Sigi, Andi Ilham. Kegiatan ini dihadiri Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Sigi, Udin Jamadin, mewakili KPU Sigi Suleman, Camat Dolo Barat, dan para Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Dolo Barat.

Dalam sambutannya Bupati Sigi menyambut baik kegiatan sosialisasi dalam mendukung upaya pemerintah untuk membangun demokrasi di negara Republik Indonesia.

“ Dengan semangat kebersamaan yang terjalin pada pertemuan yang sekarang ini, semoga kegiatan ini akan berperan nyata dalam kegiatan sosialisasi partisipasi masyarakat pada Pilkada serentak di Kabupaten Sigi tahun 2020, “ kata Bupati.

Menurutnya saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami situasi krisis dan gejolak yang masih menjadi ganjalan serta hambatan yang harus dihadapi dan diantisipasi, antara lain pertama, pergesekan nilai budaya politik yang tidak patuh dan mengarah kepada budaya serta unjukrasa dari yang tidak santun. Kedua, keengganan merefleksikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam menyelesaikan permasalahan politik dengan mengedepankan nilai-nilai musyawarah dan mufakat.

Ketiga, pesta demokrasi yang berlebihan serta perilaku menghujat antara sesama anak bangsa baik yang disampaikan melalui media cetak dan elektronik dalam bentuk pernyataan-pernyataan yang bersifat provoktatif atau adu domba.

Akhir-akhir ini partai politik (parpol) di tanah air mendapat sorotan tajam di tengah tingginya harapan terhadap penyelenggara negara yang efektif, efesien, bersih, transparan dan berwibawa. Hal itu bukan sesuatu yang menjadi ukuran, parpol sebagai pilar utama dalam demokrasi serta merupakan salah satu sumber kepemimpinan bangsa, wajar apabila dituntut untuk dapat menyiapkan dan menghasilkan kader-kader bangsa yang professional, jujur, berintegritas tinggi dan berwawasan luas.

Parpol sebagai pilar utama demokrasi, katanya, dituntut untuk dapat menciptakan kehidupan politik yang sehat melalui keteladanan dan pendidikan politik. Inipun belum sepenuhnya memenuhi harapan untuk menjawab tantangan-tantangan dan harapan seperti parpol-parpol di tanah air.
Bupati juga menjelaskan, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur, Bupati, dan Walikota merupakan pesta demokrasi di daerah. tentunya hal ini sangat menentukan pembangunan daerah Kabupaten Sigi kedepan.

“Untuk itu saya mengharapkan seluruh warga masyarakat di Kabupaten Sigi agar berpartisipasi penuh dalam Pilkada tahun 2020 ini. Dalam Pileg dan Pilpres tahun 2019 partisipasi masyarakat di Kabupaten Sigi mencapai 80 persen. Ini merupakancapaian yang baik, dan saya mengharapkan agar lebih ditingkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada mendatang, untuk lebih berperan aktif dalam menyukseskan Pilkada tahun 2020 mendatang, tentunya perlu dukungan dari semua pihak. Baik itu dari pemerintah, penyelenggara, dan masyarakat agar partisipasi masyarakat dalam perhelatan pesta demokrasi ini harus terus digenjot dan disosialisasikan sampai ke tingkat paling kecil yaitu keluarga, dengan mengedepankan nilai-nilai luhur Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945, “ paparnya.

Walaupun dalam situasi pandemik Covid-19 ini kita harus mengikuti protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, yaitu menjaga jarak dan wajib memakai masker di tempat umum dan pada masa sekarang ini ada beberapa daerah sudah memasuki masa new normal namun masih memberlakukan protokol kesehatan agar kita semua terhindar dari wabah Covid-19 ini.

Oleh karena itu, dalam menyukseskan Pilkada tahun 2020 ini, marilah kita tetap menjaga kesehatan sesuai dengan ketentuan pemerintah dan memelihara situasi kondisi sosial politik dan keamanan. Serta ketertiban dan keamanan daerah guna mendukung suksesnya Pilkada serentak di Kabupaten Sigi, agar kabupaten yang kita cintai ini dapat bangkit dari keterpurukan pasca bencana besar yang melanda wilayah kita dan wabah Covid-19 di daerah kita.

“ Saya juga mengharapkan masyarakat di masing-masing wilayah kecamatan agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Beda pilihan sah-sah saja. Akan tetapi jangan sampai itu menjadi perpecahan. Kita harus bisa berpikir positif dalam menanggapi hal-hal yang belum tentu jelas kebenarannya. Pada masa sekarang ini media sosial (Medsos) banyak memberitakan kabar yang kadang memancing kita untuk bertindak. Hal tersebut bisa saja kita disusupi oleh pihak lain yang menginginkan agar kabupaten yang kita cintai bersama terjadi konflik, “ bebernya.

Karena itu, Bupati mengimbau kepada kita semua yang hadir pada kegiatan ini nantinya dapat menyosialisasikan ke masyarakat banyak agar dapat menjaga keamanan dan berpartisipasi untuk datang ke TPS masing-masing di desa, agar partisipasi dan kepedulian masyarakat pada Pilkada Kabupaten Sigi tahun 2020 lebih meningkat.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.