Kerja Sama Pengelolaan Ruas Jalan Palolo-Napu Disetujui

- Periklanan -

Pelaksanaan rakor yang membahas kerja sama pengelolaan ruas jalan Palolo-Napu di ruang Polibu kantor gubernur, kemarin (12/12). Rakor menghadirkan narasumber dari Balai TNLL dan Biro Pembangunan dan SDA Setdaprov Sulteng. (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

PALU- Pemerintah Provinsi Sulteng membahas kerja sama pengelolaan ruas jalan Palolo-Napu, penghubung Kabupaten Sigi dan Kabupaten Poso. Ruas jalan ini sangat penting karena sebagai salah satu ruas strategis dalam penunjang perekonomian.

Pembahasan dilakukan dalam rapat koordinasi di ruang Polibu kantor gubernur, kemarin (12/12) yang dibuka Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra, B Elim Somba mewakili gubernur Sulawesi Tengah. Rakor ini menindaklanjuti usulan Gubernur Sulawesi Tengah tentang kerja sama dalam rangka pengelolaan jalan ruas Palolo-Napu, kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui surat No. 522/337/Dishutda.

‘’Surat tersebut telah disahuti oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui surat balasan No.S.3/KSDAF/PIKA/KSA.0/1/2017 yang pada prinsipnya menyetujui permohonan kerja sama yang diajukan oleh gubernur. Untuk itu perlu informasi lebih lanjut dari kepala Balai Taman Nasional Lore Lindu (TNLL),’’ ungkap Elim Somba.

- Periklanan -

Asisten Elim Somba mengatakan, sektor infrastruktur terutama aksebilitas menjadi unsur penting dalam membangun perekonomian. Menurutnya, telah disepakati Taman Nasional Lore Lindu merupakan salah satu potensi ekonomi di Sulawesi Tengah melalui pembangunan strategis, berupa pengelolaan ruas jalan Palolo-Napu, sebagai penghubung Kabupaten Sigi-Poso akan meningkatkan sektor perekonomian.

“Untuk meningkatkan sektor dimaksud diperlukan kerja sama yang baik lintas organisasi perangkat daerah. Sehingga akses ke berbagai tempat yang potensinya belum maksimal dapat dioptimalkan. Dengan catatan kawasan taman nasional harus tetap dijaga kelestariannya serta meminimalkan dampak negatif, baik secara langsung maupun tidak langsung,” tegas Bunga Elim Somba.

Kepala Balai Besar TNLL Dirjen KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sudayatma mengapresiasi dan menyambut positif pengelolaan ruas jalan Palolo-Napu, sebagai penghubung Kabupaten Sigi dan Kabupaten Poso. Untuk itu, pihaknya akan membuat perjanjian kerja sama dengan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Sulawesi Tengah.

‘’Perjanjian kerja sama dimaksud tentang pembangunan strategis berupa pengelolaan jalan ruas Palolo-Napu,  penghubung Kabupaten Sigi-Poso yang merupakan batas Kabupaten Sigi-Watumaeta Kabupaten Poso di TNLL Sulawesi Tengah. Terlebih dahulu akan dikaji oleh Biro Hukum Setdaprov Sulawesi Tengah dengan pihak terkait lain,’’ terangnya. (awl/*)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.