Kepala OJK Serahkan Hadiah Pemenang Semarak Tabungan Solusi Berhadiah

- Periklanan -

PALU – Kepala Otoritas Jasa Keuangan Sulteng Gamal Abdul Kahar, menyerahkan hadiah pemenang pengundian semarak tabungan solusi berhadiah periode Oktober 2019 hingga Maret 2020 Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Palu Lokadana Utama, Kamis (26/11)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan Gubernur Sulawesi Tengah, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, perwakilan pemerintah kota Palu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Ketua dan pengurus Perbarindo Provinsi Sulawesi Tengah, Pemegang Saham, Dewan Komisaris dan Direksi BPR Palu Lokadana Utama, Para Komisaris dan Direksi BPR se Sulawesi Tengah, Para Pimpinan Bank dan Lembaga Jasa Keuangan.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Sulteng Gamal Abdul Kahar saat memberikan sambutan mengatakan sangat mengapresiasi kepada Pengurus BPR Palu Lokadana Utama yang secara terus menerus berusaha untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan senantiasa meningkatkan penghimpunan dana masyarakat.

“Dan hari ini BPR Palu Lokadana Utama penarikan undian program semarak tabungan berhadiah. Saya berharap, kegiatan ini bisa menjadi motivasi kepada seluruh jajaran BPR di Sulawesi Tengah untuk dapat memanfaatkan potensi yang ada dengan cara lebih giat memasarkan produk-produk penghimpunan dana yang dimiliki,” harapnya.

Di samping itu Gamal mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap penipuan maupun investasi ilegal dengan pola penghimpunan dana, masyarakat dapat lebih rasional dalam berinvestasi dan menempatkan dananya, dari pada menempatkan dana ke perusahaan yang tidak jelas lebih baik disimpan di bank termasuk di BPR.

- Periklanan -

Pihaknya menyadari masih banyak tantangan yang harus dihadapi BPR dalam perkembangannya di daerah -daerah, mulai dari masalah daya saing, SDM, operasional, Teknologi Informasi hingga inovasi dan pengembangan produk, yang keseluruhannya masih perlu terus ditingkatkan.

Namun demikian, kesuksesan penerapan strategi tersebut akan bergantung pada kesadaran dan komitmen yang kuat dari para stakeholder yakni para pemegang saham, Pengurus (Direksi dan Dewan Komisaris) dan SDM Bank, untuk terus memasyarakatkan dan mengenalkan BPR.

“Saya mengingatkan kepada segenap jajaran BPR Palu Lokadana Utama kiranya dapat memberikan pelayanan jasa perbankan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat dan tetap menjaga kepercayaan yang telah diberikan masyarakat, karena tanpa kepercayaan yang tinggi, masyarakat akan dengan mudah memindahkan dananya kepada bank lain yang memiliki pelayanan dan produk yang lebih baik,” sebutnya.

Gamal menambahkan, berbicara kinerja keuangan BPR di Sulawesi Tengah, Total Aset BPR secara yoy menurun 0,38 persen yaitu dari Rp2,59 triliun pada Agustus 2019 menjadi Rp2,58 triliun pada Agustus2020.

Dibandingkan dengan total aset BPR seluruh Indonesia sebesar Rp148 triliun, aset BPR di Sulawesi Tengah masih sangat kecil yaitu hanya mencapai 1,74 persen dari jumlah aset seluruh indonesia Pertumbuhan kredit secara yoy sebesar 2,27 persen yaitu dari Rp 2,236 triliun pada Agustus 2019 menjadi Rp 2,298 triliun pada Agustus 2020 atau 2,08 persen dari total kredit yang disalurkan BPR seluruh Indonesia sebesar Rp110,72 triliun dengan Rasio NPL tercatat 1,92 persen. (umr)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.