Kepala Bandara Sebut TKA Masuk Morowali Sesuai Prosedur

- Periklanan -

PALU – Kepala Bandara Maleo Kabupaten Morowali, Iskandar menyebutkan gelombang tenaga kerja asing (TKA) yang tiba di Bandara Maleo beberapa hari lalu sudah memenuhi aturan keimigrasian dan pemeriksaan kesehatan dari otoritas terkait.

Kata Iskandar, segala bentuk pemeriksaan tentang keimigrasian pastinya sudah diperiksa dari Bandara Internasional Samrantulangi Manado, Bandara awal kedatangan TKA di Indonesia. “Terkait imigrasi itu dari Manado, pesawatnya tiba dari Manado, harusnya diperiksa karena masuk di Indonesia, karena petugas imigrasi itu adanya di Bandara Internasional,” kata Kepala Bandara Maleo Morowali, Iskandar via telepon kepada Radar Sulteng, Sabtu (8/5).

Menurutnya, pada 5 Mei saat TKA tiba di Bandara Maleo, dirinya hanya mengetahui akan tiba pasawat charter atau sewaan. Aturan yang ada kata Iskandar, Bandara hanya sekedar melayani setiap jadwal penerbangan baik itu kedatangan maupun keberangkatan, selama proses penerbangannya itu sesuai dengan prosedur akan tetap dilayani. “Kalau terkait TKAnya itu imigrasi,” sebutnya.

- Periklanan -

Sementara untuk pemeriksaan kesehatan para TKA kata Iskandar sudah dipercayakan kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bukan Bandara, artinya para TKA dinyatakan sehat atau tidak, positif atau negatif itu berada di kewenangan KKP. “Artinya kami kalau sesuai dengan prosedur kami tetap layani. Kan sesuai surat edaran juga pemberlakuan larangan mudik itu sampai tanggal 5 Mei, jadi saat TKA tiba itu terakhir di 5 Mei,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 352 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China kembali masuk ke PT Gunbuster Nikel Industri (GNI) di Desa Bunta Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

TKA itu tiba di Bandara Maleo, Desa Umbele, Kecamatan Bumi Raya, Kabupaten Morowali menggunakan jasa penerbangan Wings Air secara bertahap dari Bandara Samratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Berdasarkan informasi diterima Radar Sulteng, ratusan TKA itu tiba di Bandara Maleo dalam lima kloter penerbangan. Dua kloter mengangkut 143 TKA tiba pada Sabtu (1/5), sementara tiga kloter lagi masuk pada Rabu (5/5) membawa 209 TKA. (acm)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.