Kemensos Salurkan 600 Paket Sembako untuk Disabilitas di Sulteng

- Periklanan -

PALU-Sebanyak 600 penyandang disabilitas di Sulawesi Tengah (Sulteng) menerima bantuan sembako dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia. Bantuan tersebut disalurkan melalui lima Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Disabilitas, yaitu LKS Muhammadiyah Palu, LKS Mekar Abadi Petobo, LKS Tadulako Tondo dan LKS Adinda Humaira Tawaeli, serta LKS Kyai Sholeh Damar Parigi.

Kemensos melalui Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BRSPDI) Nipotowe Palu, telah menyerahkan bantuan sembako secara simbolis di LKS Muhammadiyah Kota Palu, Jumat lalu (22/5). Kepala Balai Nipotowe Palu, Aladin, juga menyampaikan bentuk kepedulian Kemensos kepada para penyandang disabilitas di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Kementerian Sosial sangat peduli kepada semua yang terdampak pandemi ini, termasuk penyandang disabilitas. Menteri Sosial sudah menginstruksikan kepada kami agar segera melakukan re-focussing anggaran untuk distribusi bantuan sembako ini segera terealisasikan. Dan Alhamdulillah menjelang Hari Raya Idul Fitri, bantuan ini bisa bapak, ibu, dan saudara sekalian terima, ” ujar Aladin, pada saat penyaluran bantuan sembako di LKS Muhammadiyah.

Ketua LKS Muhammadiyah Palu, Ridwan, menyambut dengan baik bantuan sembako sebanyak 150 paket tersebut. Ridwan, mengungkapkan bahwa selama beberapa tahun menjadi ketua LKS, dirinya belum pernah menerima bantuan sebanyak ini untuk LKS-nya.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak karena barusan mendapatkan bantuan sebanyak ini. Saya sangat bersyukur Kementerian Sosial begitu peduli kepada LKS kami, ” sambut Ridwan.

- Periklanan -

Usai penyerahan bantuan secara simbolis di LKS Muhammadiyah, BRSPDI Nipotowe Palu juga melaksanakan penyerahan bantuan secara simbolis di LKS Mekar Abadi. LKS tersebut berlokasi di Kampung Pengungsian Petobo.

Penerima manfaat di LKS tersebut adalah korban bencana likuifaksi tahun 2018 silam. Sebanyak 83 paket sembako diserahkan oleh Kepala Balai kepada Ketua LKS.

Pada Sabtu (23/5), LKS Tadulako menerima sebanyak 117 paket sembako. Faizal, selaku pembina Yayasan merasa tersentuh dengan adanya bantuan tersebut.

“Saya kira bantuan dari Kementerian Sosial melalui Balai ini sangat menyentuh bagi anak-anak disabilitas karena disituasi seperti ini memang sangat memerlukan bantuan seperti ini. Sangat membantu orang tua mereka, apalagi mereka berasal dari keluarga kurang mampu, ” tutur Faizal.

LKS Adinda Humaira di Kecamatan Tawaeli, Kota Palu mendapatkan bantuan sebanyak 97 paket sembako. Bahkan Kepala Balai berkesempatan langsung mengunjungi salah satu penerima bantuan di rumahnya.

BRSPDI Nipotowe Palu menargetkan distribusi bantuan sembako sebanyak 600 paket untuk disabilitas sebagian besar rampung usai lebaran sehingga sisanya akan direalisasikan setelah lebaran. Percepatan distribusi ini dilakukan agar penyandang disabilitas terdampak dapat memenuhi kebutuhan pokoknya.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.