Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Kemenag Sulteng Mualafkan 11 Warga Tuva Kabupaten Sigi

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU-Sebelas warga Desa Tuva Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, baru saja dimualafkan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), yang dilaksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Selasa (15/6).

Kepala Seksi (Kasi) Pengembang Teknologi Pendidikan Kanwil Kemenag Sulteng, Mohammad Rusli, S.Sos, mengungkapkan kalau kesebelas orang warga Tuva itu mendapat hidayah untuk hijrah menjadi muslim tanpa paksaan siapapun, dan bukan ikut-ikutan. Tetapi keputusan mereka atas dasar kemauan sendiri.

“ Mereka mau beralih atau hijrah menjadi penganut agama Islam itu tidak ada paksaan. Tidak ada yang suruh, tetapi atas dasar kemauan sendiri yang kuat untuk menjadi seorang muslim yang taat. Ingin menyembah Tuhan sebanyak lima kali dalam sehari, seperti ummat Islam, “ kata Rusli kepada Radar Sulteng, di sela-sela prosesi mengucapkan dua kalimat syahadat kesebelas warga Tuva itu.

Jalannya pengucapan syahadat dipimpin Kepala KUA Palu Timur Kota Palu, Pirnady, S.Ag., MH, disaksikan Kasi Pengembang Teknologi Pendidikan Kanwil Kemenag Sulteng, Muhammad Rusli, S.Sos, dan Ketua Pokjaluh Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Zulfiah, Selasa (15/6).

Usai menjalankan syarat-syarat penyucian diri sesuai dengan syariat Islami, diantaranya dimandikan dan berwudu oleh petugas di KUA Palu Timur, kesebelas warga Tuva itu dengan tertibnya mengikuti lafal syahadat yang dituntun Kepala KUA Palu Timur Pirnady, dan para warga yang dulunya beragama nasrani itu pun dengan lancarnya tanpa tersendat mengikuti lafal syahadat itu secara sempurna.

Usai mengucapkan dua kalimat syahadat, kesebelas warga Tuva yang semuanya sudah dewasa tersebut diberi nasehat dan arahan dari Kepala KUA dan menerima buku petunjuk tuntunan Islam yakni buku Kunci Ibadah.

“ Yang penting masuk Islam itu betul betul terimplimentasi dalam hidup, dan semoga dipertemukan di surganya Allah SWT. Ada pedoman kami di buku Kunci Ibadah sebagai tuntunan belajar agama Islam, dan menjalankan Salat 5 waktu sehari semalam, dalam kehidupan sehari hari, “ kata Pinardy, selaku Kepala KUA Palu Timur.

Setelah menjalani prosesi pengislaman kesebelas nama warga Tuva yang kini muslim berganti nama dengan nama muslim, dan mendapatkan sertifikat memeluk agama Islam. Adapun nama-nama sebelas warga Tuva yang kini telah menjadi muslim itu adalah Sitti Dahlia nama sebelumnya Dorce Dompo, Herawati sebelumnya Herma Wati, Agustina sebelumnya Agus Tina, Fatimah sebelumnya Merry, Nur Aeini sebelumnya Nenning, Rosmawati sebelumnya Rosma Wati, Rahma Tiah sebelumnya Sarce Gallang, Muhamad Hardiantomo sebelumnya Hardiantomo, Maryani sebelumnya Maryani, Nur Jannah sebelumnya Joice Peroma, Nur Anijah sebelumnya Tresya Lionita Lagaronda, Nur Syakira sebelumnya Icha Yuliana, Moh. Indrawan sebelumnya Indra Lesmana, dan Fitriyani sebelumnya Fitriyani.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.