Kemenag Kota Bahas Sinergitas Pendidikan

- Periklanan -

PALU-Guna membangun sinergitas antara Seksi Pendidikan Agama Islam (Pendis) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu, bersama Pengawas, Madrasah, jajaran Raudhatul Athfal (RA), dan Pondok Pesantren di lingkungan Kemenag Kota Palu, Kepala Seksi (Kasie) Pendis melakukan rembuk pendidikan selama dua hari, sejak Jumat (1/3) dan Sabtu (2/3) di dua lokasi, yakni MAN 2 Palu dan MAN Insan Cendekia Kota Palu.

Kasi Pendis Kemenag Kota Palu, Nurlaili, mewakili Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kota Palu, mengatakan, kegiatan rembuk ini untuk mensinergikan dan menyatukan program-program dari Seksi Pendis, Pengawas, Madrasah, RA maupun Pondok Pesantren agar supaya saling mengetahui, baik program Pendis, Pengawas, Madrasah, RA maupun Ponpes.

Karena ada sejumlah program unggulan yang harus dilaksanakan oleh setiap madrasah, RA dan pondok pesantren, diantaranya adalah program pendidikan karakter, pendidikan lingkungan, adiwiyata dan sebagainya.
Untuk itu, dirembuk pendidikan ini, para kepala madrasah akan menyatukan sikap untuk membicarakan hal-hal kemajuan pendidikan dari jenjang Raudhatul Atfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren, dimana kepala madrasah berkontribusi penuh selaku pelayan pandidikan, sekaligus juga mengembangkan kurikulum K-13 yang bermaterikan pendidikan karakter, yang pelaksanaannya bukan saja hanya untuk peserta didik saja, namun juga menyentuh tenaga pendidik. Sehingga kedepannya pendidikan di madrasah lebih baik lagi dari yang ada saat ini.

- Periklanan -

“Pendidikan karakter bukan hanya bagaimana peserta didik itu sopan dan sebagainya, tetapi lebih dari itu. Nah, disinilah ingin kita ketahui bersama bagaimana para kepala madrasah dan pimpinan pesantren menerapkan itu, jika ada yang kurang kita cari sama-sama untuk melengkapi atau menambahkan, ” ungkapnya.

Menurut Nurlaili, kegiatan ini sengaja dilakukan di MAN Insan Cendekia Kota Palu selain di MAN 1 Palu, agar dapat menjadi ajang promosi bagi MAN Insan Cendekia Palu.

“ Saya yakin masih banyak kepala madrasah dan pesantren yang belum pernah mengunjungi dan merasakan suasana pendidikan yang berlangsung di MAN Insan Cendekia. Dengan ditempatkannya kegiatan rembuk pendidikan di sini di hari kedua, mereka bisa datang dan melihat MAN Insan Cendekia Kota Palu itu bagaimana suasananya, ” pungkas Nurlaili.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.