KEK Palu Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Indonesia

- Periklanan -

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution melakukan penandatanganan prasasti KEK Palu. (Foto: Awal)

PALU– Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu resmi beroperasi. Kawasan yang diharapkan sebagai penggerak ekonomi di Sulawesi dan Indonesia timur ini diresmikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, di lokasi KEK Palu, Rabu (27/9).

Peresmian ditandai dengan penekanan bersama tombol serine dan penandatanganan prasasti oleh Menteri Darmin Nasution. Selain itu di hadapan Menteri dan Gubernur juga dilakukan penandatanganan kerja sama operasional (KSO) antara PT Bangun Palu Sulawesi (BPST) dengan mitra strategisnya STM Tunggal Jaya. KSO untuk membangun dan mengelola KEK Palu dengan membentuk sebuah konsorsium yang terdiri BPST, STM Tunggal Jaya, Delloite, KECC, Penida Capital Advisor dan Hermawan Juniartho Law Firm.

Gubernur mengatakan, KEK Palu merupakan salah satu kawasan yang masuk dalam Prioritas Strategis Nasional (PSN). Kawasan ini berorientasi menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Sulawesi dan Indonesia timur.

‘’KEK dianggap sangat strategis untuk dikembangkan menjadi pusat logistik Indonesia timur, regional dan global, karena berada di Alki II dan Alki III,’’ ungkap Gubernur dalam laporannya kepada Menko Perekonomian.

Menjadi kebanggaan Gubernur, dari 11 KEK yang ada di Indonesia baru KEK Palu yang diresmikan. Karena sebelumnya KEK Palu terus mendapat sorotan dari kementerian perekonomian agar KEK Palu segera merealisasikan pengoperasian.

‘’Ini menjadi kebanggaan kita tersendiri dari kita masyarakat Sulawesi Tengah, khususnya pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Palu. Biasanya kami menjadi rapor merah di kementerian perekonomian dan selalu mendapat teguran oleh pak Menteri. Alhamdulillah berkat dorongan Menko Perekonomian, kami melejit menjadi yang pertama diresmikan di Indonesia. Dan hari ini kami buktikan bahwa kamilah yang terbaik dii Indonesia,’’kata Gubernur.

Dalam laporannya kepada Menteri, Gubernur juga menyampaikan perkembangan KEK Palu secara makro. Mulai dari pembentukan kelembagaan, capaian dan tahapan pembebasan lahan, infrastruktur yang ada di kawasan KEK serta keberadaan swasta/nasional yang sedang dalam tahap pembangunan dalam KEK Palu.

- Periklanan -

‘’PT Asbuton Jaya (tahap konstruksi), PT Sofi Agro (Tahap pematangan lahan), PT Agro Sulteng (Tahap Ground beraking), PT Hong Thai Internasioan (Tahap Ground Breaking), PT Artha Palu (Tahap Ground Breaking), dan sementara dalam diskusi, PGRC untuk rencana pembangunan refinery minyak bumi dengan kapasitas 300.000 barel per hari dan hilir Petrokimia,’’ sebut Gubernur.

Menteri Darmin Nasution mengungkapkan keberadaan KEK merupakan keinginan Presiden Joko Widodo untuk mengubah  orientasi pembangunan Indonesia yang selama ini terlalu fokus di wilayah Jawa menjadi fokus ke seluruh Indonesia.

‘’Semua itu karena kita ingin pertumbuhan ekonomi kita membaik. Selain itu kita ingin pengentasan kemiskinan bisa berjalan. Lebih dari itu, kita ingin supaya distribusi pendapatan,’’ katanya.

Senada dengan Gubernur, KEK Palu diakui Menteri maju selangkah dibanding KEK lain di Indonesia. Pemerintah pusat sebelunya tidak memprioritas KEK Palu cepat selesai.

‘’Kita tadinya mengira Tanjung Api-Api di Palembang, Mandalika di Lombok Barat, Maloy Batuta di Kaltim KEK yang lebih dulu. Tapi memang kelihatannya Pak Longki lebih berani untuk melakukan terobosan,’’ puji Menteri.

Karena sebelumnya lanjut Menteri Darmin, pernah mendorong Gubernur untuk lebih berani dengan menggandeng swasta, jika ingin KEK Palu lebih cepat. Karena APBD daerah ini tidak cukup kuat untuk mengembangkan KEK.

‘’Dan itu  langsung beliau (Gubernur) lakukan dan cepat bergerak. Untuk itu kita mengucapkan selamat dan sangat mengapresiasi KEK Palu,’’ ungkap Menteri.

Lebih lanjut dikatakan Menteri, dengan adanya kawasan industry ini akan mengolah lebih lanjut sumber daya alam yang kita miliki. Ini akan memberi pekerjaan kepada masyarakat dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat.(awl)

- Periklanan -

1 Komen
  1. Rahasia Awet Muda Komentar Pengunjung

    Bangga menjadi bangsa Indonesia

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.