Kebakaran di Kota Palu Meningkat

- Periklanan -

PALU – Jumlah kasus kebakaran di Kota Palu sepanjang tahun 2018 meningkat dibandingkan dengan kasus yang terjadi pada tahun sebelumnya. Berdasarkan data yang dikeluarkan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu, terhitung ada 104 kasus kebakaran yang terjadi di delapan kelurahan di Kota Palu selama tahun 2018.
Dari Data kasus kebakaran di tahun 2017 sendiri, jumlah kebakaran yang terjadi sebanyak 89 kasus. Kepala Seksi operasional Dinas Pemadam Kota Palu, Sapril mengatakan, beberapa kasus kebakaran kebanyakan diakibatkan korsleting listrik. “Insya Allah tahun ini akan menurun, karena kami dari bidang penyuluhan akan bergerak untuk melakukan sosialisasi tentang bahaya kebakaran di Kota Palu yang lebih dominan oleh konsleting listrik,” tuturnya, Kamis (3/1) kemarin.
Masih kata Sapril, awal tahun 2018 lalu kasus kebakaran terpantau masih sangat minim. Namun memasuki pertengahan tahun kasus kebakaran meningkat, seperti yang terjadi pada bulan Juli sebanyak 12 kasus, Agustus 14 kasus dan September 14 kasus.
“Yang paling sedikit itu di bulan Mei, hanya 1 kasus. mudah-mudahan tahun ini kasus kebakaran tidak sebanyak tahun kemarin. Data itu mulai dari kebakaran rumah, lahan kosong dan tempat sampah.” harap Sapril.
Sementara itu, dari data tersebut, Kelurahan Mantikulore, tercatat banyak terjadi kebakaran dengan jumlah 28 kasus dan yang sedikit ada di dua kelurahan, yaitu Ulujadi dan Tatanga dengan 2 kasus kebakaran. Dalam amatanya, ditahun 2018 ini, tidak ada kasus kebakaran akibat petasan.
“Dibulan Agustus, itu sampai 6 kali terjadi kebakaran di Kelurahan Mantikulore. Alhamdulilah tahun lalu tidak ada kejadian gara-gara petasan, seperti tahun 2017.” kata Sapril.
Untuk itu, guna meminimalisir terjadinya kebakaran, Sapril mengimbau agar warga Kota Palu, untuk berhati-hati saat melakukan aktivitas yang bisa memicu adanya kebakaran, seperti membakar sampah dan menyalakan lilin. “Kalau bakar sampah dijaga baik-baik ,apalagi di kondisi angin kencang seperti ini,” demikian kata Sapril. (win)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.