KBIH Babussalam Gelar Manasik Haji

- Periklanan -

PALU—Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Yayasan Babussaalan Citra Mandiri, atau lebih dikenal dengan KBIH Menara Babussalam Kota Palu, menggelar manasik haji, bagi jamaah calon haji (JCH) yang akan berhaji tahun 2019 ini. Manasik haji dipimpin Direktur Utama KBIH Menara Babussalam, H Mustamin Umar, bertempat di halaman asrama Haji Transit Palu, Minggu (20/1).

“Silakan bapak ibu berbaris rapi untuk kita latihan melakukan tawaf. Tawaf ini sangat penting sebagai rukun ibadah haji dan sangat menyita energi kita. Bersama-sama dengan jutaan ummat muslim sedunia, makanya latihan fisik minggu lalu dan latihan tawaf hari ini harus kita lakukan sebaik-baiknya, ”kata H Mustamin Umar, saat memberikan arahan kepada JCH yang dibina KBIH yang dipimpinnya itu.

Kegiatan manasik haji dilakukan sebelum berangkat ke tanah suci untuk melatih para JCH, agar tiba dan beribadah di tanah suci Mekkah melaksanakan tahapan-tahapan ibadah haji dengan mudah, termasuk kapan berangkat ke masjidil Harram untuk salat lima waktu dan tawaf, dan kapan kembali ke hotel. Demikian pula sebaliknya, serta melakukan ibadah salat lima waktu bersama salat-salat sunnah lainnya.

- Periklanan -

“Kami di sini memberi arahan secara rinci setiap proses ibadah haji yang akan dilakukan di tanah suci Mekkah nanti. Jadwal latihan, ujian kebugaran, dan manasik haji telah disusun rapi oleh KBIH Menara Babussalam. Jadwalnya dimulai sejak hari Minggu 18 November 2018 lalu hingga hari Minggu 14 Juli 2019 nanti, “ papar Haji Mustamin.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasie) Penyelenggaraan Umrah dan Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu, H Mohammad Isnaeni SAg MAG, menjelaskan, kegiatan persiapan JCH Kota Palu menjadi tanggungjawab Kantor Kemenag Kota Palu, bekerjasama dengan mitra dari Kemenag di Kota Palu, yaitu KBIH Babussalam dan Anisa. Kedua KBIH inilah yang membantu Kemenag Kota Palu untuk belajar dan mempraktikan ibadah haji dengan lancar.

“ Dua mitra kami dalam menyelenggarakan urusan Umrah dan Haji di Kota Palu yaitu Menara Babussalam dan Anisa. Keduanya menggelar manasik itu di dua tempat. Babussalam melaksanakan manasik haji dan umrahnya di Asrama Haji, sedangkan Anisa di halaman masjid Raya Lolu Kota Palu, “ jelas Isnaeni.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.