Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Kasman Lassa Resmikan Huntara Wombo

DONGGALA–Bupati Donggala, Drs Kasman Lassa, meresmikan Hunian Sementara yang dibangun Yayasan Kemanusian Muslim Indonesia (YKMI) melalui dana International Medical Corps (IMC) di Desa Wombo, Kecamatan Tanantovea, Donggala, Rabu (26/6).

Huntara yang dibangun di atas lapangan sepak bola ini berjumlah 96 unit, 85 unit didanai oleh IMC dan 11 unit didanai oleh Muslim Aid USA. Huntaranya sendiri memiliki sarana air bersih, WC umum dan sudah teraliri listrik.

“Pasti butuh kesabaran yang tinggi untuk membuat Huntara ini agar supaya menghasilkan Huntara yang aman, sehingga orang yang tinggal di dalamnya itu bisa nyaman,” kata Kasman Lassa saat memberikan sambutan.

Menurut Bupati, wilayah Wombo ini masuk dalam kategori zona aman dalam peta yang dirilis oleh BNPB beberapa waktu lalu. Di sisi lain, Kasman juga sangat mengapresiasi dan berterima kasih baik IMC maupun YKMI yang sudah menyiapkan Huntara bagi warga di wilayahnya yang terdampak gempa bumi. “Saya ucapkan terima kasih kepada IMC dan YMKI yang telah peduli dengan masyarakat,” lanjutnya.

Country Representative IMC, Yogi Mahendra mengungkapkan, selain menyiapkan pemenuhan dan pembangunan Huntara Wombo ini IMC juga bekerjasama membuat sumur bor dibeberapa titik di wilayah Donggala termasuk di Wombo, Batusuya, dan Tanjung Karang.

“Kita sediakan listrik dan rencana akan kerjasama dengan Unicef untuk latrinnya. Dalam fase ini yang paling penting adalah ada kegiatan untuk mengembalikan pendapatan masyarakat, apalagi masyarakat disini menengah ke bawah, ditambah lagi dengan kejadian gempa masyarakat semakin terpuruk,” jelasnya.

Di Desa Wombo sendiri memiliki banyak sekali potensi pengembangan baik itu bisnis maupun usaha kecil yang bisa dikembangkan masyarakat ke depannya.

“Namun mereka tetap memerlukan dukungan lembaga-lembaga lain dan pemerintah,” tambah Yogi Mahendra.

Program Manager YKMI Sulteng, Turmizi Ali menjelaskan, Huntara ini bisa terbangun juga berkat kerjasama dari aparat desa dan masyarakat sekitar yang sangat membantu.

“Dukungan dari kawan-kawan Muslim dari Amerika juga ada untuk membangun Huntara ini, YKMI yang mengkoordinir dananya, dan IMC sebagian besar dananya untuk pembangunan Huntara,” tegasnya.

Kepala Desa Wombo, Tamrin juga mengharapkan agar masyarakatnya bisa menjaga dan merawat sebaik-baiknya Huntara ini. “Sehingga bermanfaat bagi kita semua,” tutupnya.(acm)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.