Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Kasman “Digantung” Nasdem

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

DONGGALA–Hingga saat ini, DPP Partai Nasdem belum juga mengeluarkan rekomendasi untuk mengusung pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati di Kabupaten Donggala. Pencalonan Kasman Lassa yang juga merupakan Ketua DPD Partai Nasdem pun masih tergantung oleh partainya.

Pasangan bakal calon Kasman Lassa–Mohammad Yasin saat menghadiri konsolidasi pasangan calon kepala daerah PKS seluruh Indonesia di Jakarta, Kamis (4/12). (Foto: Ist)

Sebab, hingga saat ini, Partai Nasdem belum juga mengeluarkan rekomendasi resmi untuk mengusungnya berpasangan dengan Yasin. Sekali pun demikian, beberapa partai lain sudah menyatakan sikap dan resmi mengusung Kasman dan Yasin untuk maju pada kontestasi kepala daerah di Donggala.

Wakil Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Donggala, Taufik, membantah jika Nasdem tidak mendukung Kasman sebagai petahana pada Pilkada di Donggala. Yang benar kata dia, Partai Nasdem merupakan partai yang lebih dulu mengeluarkan rekomendasi untuk petahana sebagai Bakal Calon Bupati Donggala pada tahun 2017 lalu.

“Jadi tidak benar kalau Nasdem tidak mendukung petahana,” ujar Taufik, kemarin (4/1).

Dijelaskannya juga, banyaknya parpol yang merekomendasikan petahana merupakan sebuah bukti bahwa Kasman Lassa–Yasin sangat diminati oleh sejumlah Parpol.

“Yang pasti adalah, kami dari partai Nasdem akan memperjuangkan petahana untuk bertarung di Pilkada Donggala,” tandasnya.

Di hari yang sama, PKS, tercatat sebagai partai keempat yang resmi mengusung Kasman-Yasin pada Pilkada Donggala.

Bertempat di Jakarta, saat konsolidasi pasangan calon kepala daerah PKS seluruh Indonesia, kemarin (4/1) Kasman-Yasin resmi mendapat dukungan dari PKS. Rekomendasi dari PKS itu, tercatat dengan nomor 103/SKEP/DPP-PKS/1439 itu dikeluarkan oleh DPP PKS di Jakarta, Kamis kemarin yang dihadiri langsung kandidat bersama pengurus PKS Kabupaten Donggla.

Menurut Ketua PKS Kabupaten Donggala, Takwin, sikap PKS dalam mengeluarkan rekomendasi tentunya memiliki dua pertimbangn mendasar. Pertama kata Takwin, soal koalisi nasional antara partai Gerindra, PKS dan PAN yang telah terbangun sejak lama.

“Hal ini menjadi pertimbangn mendasar oleh DPP PKS Pusat untuk merekomendasikan Kasman–Yasin. Karena sebelumnya beberapa partai termasuk Gerindra dan PAN sudah merekomendasikan kandidat tersebut,” terangnya.

Kemudian pertimbangan kedua menurut Takwin, adalah hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei maupun dari internal PKS sendiri. Hasilnya pun kata Takwin, Kasman Lassa menduduki peringkat teratas dalam hasil suveri.

“Hasil Survei Kasman Lassa berada jauh di puncak dengan jumlah yang cukup jauh dari para kandidat lainnya. Jadi kalau ada yang mengatakan hasil survey Kasman Lassa  lebih rendah, itu tidk benar, karena kami juga pegang data,” katanya.

Tindak lanjut dari rekomendasi itu kata Takwin, akan dilakukan penandatanganan pakta integritas oleh kandidat yang direkomendasikan.

“Mulai saat ini kita juga sudah akan membahas soal rencana deklarasi,” tambahnya.

Beberapa hari lalu, Partai Amanat nasional (PAN) juga telah mengeluarkan rekomendasinya secara resmi kepada publik untuk mendukung Kasman-Yasin. Sebelumnya dua partai yaitu Gerindra dan PPP juga lebih dulu mengeluarkan rekomendasi untuk Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati, Kasman–Yasin. (ujs)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.