TAJUK | Kasat Narkoba Jadi Tersangka Narkoba

- Periklanan -

Ilustrasi (jpnn)

PENETAPAN Kasat Narkoba Polres Touna sebagai tersangka dalam kasus narkoba oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNPP) Sulteng merupakan langkah maju dalam perang terhadap narkoba. Penetapan tersangka ini menegaskan bahwa hukum tidak diskriminatif. Semua pihak yang terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba pasti akan tersentuh. Hanya persoalan waktu saja.

Selama ini ada kesan bahwa penegakan hukum yang terkait dengan narkoba cenderung hanya menyasar pengguna dan pengedar kecil saja. Sementara para bandar sulit tersentuh hukum. Kalau pun akhirnya ada bandar besar yang ditangkap,  kemungkinan karena tidak lagi memiliki hubungan yang baik dengan oknum aparat.  Maka apa yang dilakukan BNNP Sulteng diharapkan membersihkan kepolisian dari oknum yang merusak citra institusi.

Dengan bukti-bukti yang ada,  kiranya kasus ini tidak akan terlalu sulit untuk sampai di pengadilan.

- Periklanan -

Namun pesan yang lebih penting dari sekadar proses pengadilan adalah munculnya public trust terhadap kepolisian dan BNN sebagai garda terdepan dalam pemberantasan narkoba. Bahwa kedua institusi ini tidak pernah berhenti melakukan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap nakoba meskipun harus berhadapan dengan oknum-oknum dalam institusi sendiri.

Salah satu faktor yang menghambat upaya pemberantasan narkoba adalah rendahnya partisipasi dan kepedulian masyarakat. Hal ini terjadi karena masyarakat kurang yakin dengan aparat penegak hukum sendiri. Apa yang dilaporkan belum tentu ditindaklanjuti. Bahkan laporan masyarakat bisa saja dimanfaatkan oleh oknum untuk mengambil keuntungan sendiri.

Belum lagi risiko-risiko yang dapat terjadi kepada pelapor. Meskipun pelapor atau pemberi informasi adalah pihak yang harus dilindungi tapi masyarakat tetap saja berhitung. Semua itu terjadi karena masyarakat merasa di lingkungan aparat sendiri sebenarnya tidak steril dari pihak-pihak yang memiliki kepentingan dan hubungan baik dengan para pengedar.

Penetapan tersangka terhadap Kasat Narkoba Polres Touna semoga menjadi warning bagi aparat yang lain. Meskipun sebenarnya kasus-kasus semacam ini bukan hal baru lagi tapi setidaknya mengingatkan kembali bahwa pengkhianatan terhadap tugas dan amanah pada akhirnya bakal menyusahkan diri sendiri. Sangat disayangkan seorang Kasat Narkoba justeru menjadi pelaku dalam kejahatan narkoba. Bagi hakim hal ini akan menjadi pertimbangan yang memberatkan dalam menjatuhkan hukuman. (**)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.