Kartini-Kartini Muda Sulawesi Tengah yang Menginspirasi (1)

- Periklanan -

Banyak sosok “kartini-kartini” muda di Negeri Indonesia yang dapat dijadikan inspirasi bagi kaum wanita lainnya, untuk berbuat hal-hal yang positif. Khusus di Sulawesi Tengah, banyak sudah wanita muda yang menginspirasi kaumnya. Salah satunya yakni Andi Tenri Dio (21), mahasiswi Universitas Tadulako.

Laporan : Moh Salam

Andi Tenri Dio, dalam suatu kesempatan. (Foto: dok. Pribadi)

JIWA berorganisasi Andi Tenri Dio, mahasiswa Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Tadulako (Untad), tidak perlu ditanya lagi. Tenri, tercatat aktif di sejumlah organisasi, seperti Mahasiswa Pencinta Musolah Al jihad Untad, Komunitas Nuansa Team Ceria, dan juga menjadi Sekretaris Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisip Untad.

Belum lagi sejumlah organisasi sosial, seperti Aksi Sosial Bersama, Fasilitator Anak Provinsi Sulawesi Tengah serta Komunitas Banua Ceria Nusantara, yang masih aktif diurusinya. Komunitas Banua Ceria Nusantara, sendiri merupakan salah satu organisasi yang diinisiasinya sendiri, yang bergerak di bidang pendidikan.

- Periklanan -

Mahasiswi berkacamata ini, sudah sejak tiga tahun silam mendirikan komunitas ini. Komunitas Banua Ceria Nusantara sendiri, aktif mengajar sejumlah anak-anak di Desa Wombo Kalonggo, Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala. Tidak hanya memberikan pengetahuan kepada anak-anak tersebut, Endi, sapaan akrabnya, juga turut membina bakat anak-anak yang ada di desa tersebut, bersama rekan-rekannya, yang tergabung dalam komunitas ini. Kegiatan komunitas ini pun, kini sudah mengarah ke kegiata-kegiatan sosial dakwah project.

“Awalnya kami hanya melakukan bina bakat saja, nah seiring berjalannya waktu kami mengubah background menjadi sosial dakwah project. Alhamdulillah,” katanya sambil tersenyum.

Di Komunitas itu, Andi dan teman-temannya membina bakat anak-anak berjumlah kurang lebih 25 orang. Metode yang digunakan dalam proses mengajar dikemas lebih fun yang learning by games dan juga dongeng. “Komunitas ini saya gerakkan bersama teman-teman di lingkungan saya, yang se-visi dan sejalan dalam membangun dan membina karakter anak dan pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya saat berbincang bersama wartawan Koran ini.

Endi juga memiliki tagline untuk Komunitas yang didirikan 2015 silam adalah Saya ceria, kamu ceria, cerdas berakhlak mulia. Semangat yang diperlihatkan oleh Endi, terlihat sejak dirinya menjadi pengurus Forum Anak Kota Palu tahun 2012 kemudian di tahun 2015 hingga sekarang dipercayakan menjadi Fasilitator Anak Provinsi Sulawesi Tengah.

Dengan berbagai kesibukannya di luar kampus untuk melakukan agenda dan kegiatan mengajar bukan berarti membuatnya berhenti mengikuti seluruh kegiatan dalam kampus. Di FISIP sendiri, dia merupakan Sekretaris Umum BEM FISIP Untad dan Staf Kemuslimahan MPM Al Jihad Fisip Untad.  Saat ditanyakan tentang cita-cita, Andi Tenri Dio hanya memiliki cita-cita yang begitu sederhana yaitu Menjadi Wanita berkarir Surga. “Sederhana saja cita-citaku mau jadi wanita berkarir surga,” jelasnya. (**)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.