Kapal Penangkap Ikan Inkamina di Poso Tenggelam

- Periklanan -

POSO- Sebuah kapal penangkap ikan bantuan pemerintah tenggelam di laut kelurahan Lawanga kecamatan Poso Kota Utara kabupaten Poso. Tampak, kapal ikan bercat biru-putih tersebut karam tak jauh dari daratan, hanya berjarak sekitar 20 meter dari bibir pantai.
Meski demikian hampir seluruh bodi kapal tenggelam kedasar laut. Yang tersisa terlihat dari daratan hanya bagian ujung depan kapal saja. “Disini lautnya memang dekat sekali tubir dan sangat dalam. Karenanya disini sering dijadikan tempat bongkar hasil tangkapan ikan oleh kapal-kapal penangkap,” kata sejumlah warga di sekitar pantai lokasi karam kapal ikan.
Tak jauh dari titik lokasi karamnya kapal memang terdapat bangunan tambatan perahu nelayan dimana sedang bersandar sebuah kapal ikan berukuran besar.
Kapal motor apa dan milik siapa yang karam di laut Lawanga? Warga setempat menyebut kapal tangkap ikan yang tenggelam bernama kapal ikan Inkamina.
Kapal Inkamina merupakan kapal penangkap ikan berukuran di atas 30 GT. “Kalau tidak salah kapal Inkamina ini punya kelompok nelayan di Kayamanya. Tapi nama kelompoknya saya lupa,” kata Pak Utu (54), warga Kota Poso pada wartawan, Selasa (9/4).
Kapal Inkamina merupakan kapal tangkap ikan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Tapi belum ditahu persis kapal bantuan tahun berapa yang tenggelam. Ada yang menyebut kapal bantuan tahun 2014, namun ada juga yang mengatakan tahun 2012.
Menurut warga, kapal tangkap ikan Inkamuna karam sejak sepekan yang lalu. Kapal karam beberapa waktu berselang setelah tiba ditarik dari komplek dermaga TPI Poso. “Saat ditarik dari dermaga TPI kondisi kapal memang sudah dalam keadaan rusak. Katanya dibawa kemari untuk diperbaiki. Tapi belum lama sampe kapal so tenggelam,” cerita warga.
Kapal karam bersama dengan mesin dan kelengkapan alat tangkap ikan lainnya. Kendati mendengar kapal ikan yang tenggelam itu kapal rusak, namun jenis kerusakannya apa, warga mengaku tak mengetahuinya. Belum ada penjelasan dari pihak DKP Poso terkait musibah karamnya kapal tangkap ikan Inkamina. (bud)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.