Kantor BPTP Sulteng Diresmikan, Disaksikan Bupati Sigi

- Periklanan -

SIGI-Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir Fadjry Djufry, M.Si, telah meresmikan difungsikannya kantor Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang berada di Desa Maku Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Senin (7/6).

Peresmian ini disaksikan Bupati Sigi, Mohamad Irwan, Kapolres Sigi AKBP Yoga Priyahutama, Kepala Balai Besar Pengkajian Pertanian, Dr. Fachruddin Munier, Plt. Kepala BPTP Sulteng Dr. Nurdiah Husnan, Kepala Pusat Litbang Hortikultura Sulteng, mewakili Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Hortikultura Sulteng, Kadis Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Sigi, serta pejabat lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Kepala BPPT Sulteng Dr. Nurdiah Husnan, menyampaikan terima kasihnya atas selesainya pembangunan kantor BPPT Sulteng yang berada di Desa Maku Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi. Kantor BPPT bisa ada dan dibangun karena hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi.

“ Ini merupakan hibah lahan dari Pemerintah Kabupaten Sigi, yaitu langsung dari bapak Bupati Sigi Mohamad Irwan yang telah memberikan hibah lahan seluas 2,6 hektare. Kedepan kita masih akan memiliki luas lahan lainnya. Karena itu, kami mohon kepada bapak Kepala Badan Litbang Pertanian untuk memberikan fasilitasnya dalam rangka membangun dan mengembangkan fasilitas pertanian di BPTP Sulawesi Tengah, “turur Husniah.

Pada kesempatan itu, Bupati Sigi, Mohamad Irwan dalam sambutannya mengapresiasi dengan selesainya pembangunan kantor BPTP Balitbangtan Sulteng.

” Acara ini bukan seremonial tanpa makna, akan tetapi kita jadikan momentum sebagai upaya kita bersama dalam meningkatkan motivasi terhadap pelayanan kepada masyarakat, mendorong peningkatan produksi tanaman dan upaya optimalisasi pemanfaatan lahan di Kabupaten Sigi, “ kata Bupati Mohamad Irwan.

- Periklanan -

Bupati pun berharap, hadirnya BPTP Balitbangtan Sulteng akan mampu memberikan dukungan peningkatan mekanisme pelayanan publik di sektor pertanian yang berkualitas.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir Fadjry Djufry, M.Si, terlihart merasa sangat gembira dengan diresmikannya pembangunan kantor BPTP Sulteng yang dulunya hancur akibat bencana alam gempa bumi 28 September 2018.

Kepala Badan menceritakan bagaimana dirinya saat itu bersama Menteri Pertanian RI, Amran Suleman, hadir langsung dan memberikan bantuan dari pemerintah pusat, termasuk bagaimana membantu para pegawai ASN maupun honorer di lingkungan BPTP Sulteng saat itu.

“ Saya datang ke Palu, dua hari setelah musibah gempa bumi dan likuifaksi. Saya datang dengan bapak Menteri Pertanian RI saat itu bapak Amran Suleman memberikan dan menyalurkan bantuan kepada seluruh masyarakat dan juga keluarga besar BPTP Sulteng, “ papar Fadjry Djufry menceritakan kronoliogis bantuan dari pemerintah pusat.

Akhirnya disetujuilah rencana pembangunan kantor yang baru di Kabupaten Sigi, yang tidak terlalu jauh, dan mendapat dukungan dan persetujuan dari Bupati Sigi, hingga dilakukanlah rencana pembangunan dan bantuan untuk membangun kembali kantor BPTP Sulteng yang baru.

“ Kami sangat berterima kasih kepada bapak Bupati yang telah memberikan bantuan hibah berupa lahan untuk kami bangunkan kantor BPTP yang baru, dan sekarang sudah kita resmikan bersama dengan bapak Bupati. Semoga bantuan bapak bupati ini menjadi amal jariah, “ tutur Kepala Badan.

Tak lupa Kepala Badan mengungkapkan bahwa semua komoditi pertanian merupakan hasil pengkajian dari Balitbang, seperti manggis, mangga, lengkeng, durian, dan sebagainya. Bahwa Balitbangtan memiliki 300 profesor, dan 500 orang doktor, yang tersebar di seluruh BPPT di Indonesia. “ Kami siap mensuport apa yang menjadi tanggungjawab kami, “ tegasnya.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.