Kamil Minta Kemenag Berperan Atasi Masalah Umat

Perkuat Tatanan Masyarakat yang Taat Beragama

- Periklanan -

PALU – Pemimpin Radar Group, H Kamil Badrun AR SE MSi, menerima kunjungan silaturahmi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Dr Rusman Langke MPd, bersama rombongan pejabat eselon II dan III Kemenag Sulteng. Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi media mitra terkait dengan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag yang ke 73 dengan tema “Jaga Kebersamaan Umat”, di Graha Pena Radar Sulteng, Senin (7/1).
Pada kesempatan itu, Kamil Badrun, menyatakan mensuport semua program Kemenag Sulteng yakni mewujudkan masyarakat Sulteng yang taat beragama. Dan dengan tegas meminta agar kemenag memperkuat sendi-sendi kehidupan beragama dari rongrongan paham radikalisme, narkotika, dan berbagai aksi pembegalan yang sering terjadi di Kota Palu dan di daerah lainnya di Sulteng.
“Kementerian Agama harus memperkokoh kehidupan umat beragama dari rongrongan pahan radikalisme, terorisme, narkoba, dan kejahatan lainnya. Banyak tokoh mengatakan dasar pemahaman keagamaan masyarakat kita yang mulai berkurang, sehingga banyak warga kita terjerumus dalam kehidupan radikalisme, narkoba, dan sebagainya. Bahkan beberapa tempat dan sekolah telah terpapar paham-paham radikalis,“ kata Kamil Badrun, memulai diskusi dalam pertemuan silaturahmi Senin kemarin.
Menurut Kamil, ada yang salah dalam kehidupan bermasyarakat kita. Makanya Kemenag sebagai ujung tombak dalam pembinaan keumatan harus memelopori gerakan pembinaan masyarakat seperti yang menjadi program Kanwil Kemenag Sulteng mewujudkan masyarakat Sulteng yang taat beragama.
“Benih-benih radikalisme mungkin disebabkan karena masalah kesejahteraan, perekonomian, ada masyarakat kita yang tidak diperhatikan, “ ungkap Kamil.
Kamil juga berharap program Kakanwil sebelumnya dengan kegiatan Magrib mengaji perlu dilanjutkan lagi. Begitu juga dengan memperkuat kegiatan yang dilakukan oleh penyuluh agama. “ Untuk menetralisir perkelahian antar kampung. Peredaran narkoba sangat luarbiasa, kalau tidak segera kita berantas maka tidak ada lagi pemimpin masa depan kita yang bermoral dan berintegritas, “ tegasnya.
“Kami dari media mensuport kerja-kerja dari Kemenag, untuk kemaslahatan umat dan warga masyarakat Sulteng. Semisal pembinaan para penghafal Alquran (hafidz/hafidzah) agar lebih diperbanyak dan dilakukan lebih intens lagi. Radar Sulteng dan groupnya siap diundang oleh Kemenag untuk berbagai kegiatan, mengekspose berbagai program dan tugas-tugas Kemenag untuk mengukuhkan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah, “ urai Kamil.
Ukhuwah Islamiyah, merasa dan mengakui bahwa sesama muslim diseluruh belahan dunia adalah saudara yang patut kita lindungi, kita perjuangkan hak mereka atas Islam, serta mendoakan mereka untuk kebaikan. Ukhuwah wathaniyah, saling menjaga kerukunan antar umat beragama dan membudidayakan rasa saling membutuhkan, saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada. Ukhuwah insaniyah, mengakui bahwa seluruh umat manusia di dunia adalah saudara kita.
Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sulteng, Dr Rusman Langke MPd, menyatakan program Kemenag akan terus disosialisasikan dan dilaksanakan sebaik-baiknya sebagai sebuah program strategis di tahun 2019.
“Insya Allah program kita untuk 2019, pertama adalah penguatan terhadap rencana strategis kita meningkatkan kualitas pengamalan ajaran agama kita masing-masing. Kedua, bagaimana kita membina kepada seluruh perangkat-perangkat dan tokoh-tokoh agama agar peran mereka ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Sulteng, dalam rangka menyampaikan dakwah-dakwah yang menyejukan. Kemudian, menyampaikan visi dan misi kita tentang bagaimana ajaran agama itu adalah untuk menyebar kebaikan, dan kedamaian antara sesama umat beragama, “ beber Kakanwil yang didampingi Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Dr Kiflin Padjala, serta beberapa orang Kepala Bidang (Kabid), dan Kasubag Humas Drs H Akbar Sidik MAg.
Selanjutnya, bagaimana umat bersatu, sehingga pembangunan Sulteng akan semakin baik. “Kita umat beragama bersatupadu maka Insya Allah kedepan kita membangun Provinsi Sulteng ini akan lebih baik lagi, “ sebutnya.
Menangagapi support dari pimpinan Radar Group, Kakanwil mengatakan itulah yang diharapkan jajaran pejabat Kanwil Kemenag Sulteng bertandang ke Graha Pena Radar Sulteng dalam rangka menspeachup, dan menspeachout apa yang menjadi program Kemenag Sulteng, untuk tahun 2019.
“Radar Sulteng ini adalah salah satu media yang cukup bagus menurut saya di Sulteng, dalam rangka menyampaikan kepada masyarakat bahwa program kami di Kementerian Agama adalah sesuai dengan visi dan misi kita, yakni terwujudnya masyarakat Provinsi Sulawesi Tengah yang taat beragama, rukun, cerdas, sejahtera lahir dan batin,” pungkasnya.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.