Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Kakanwil Kemenag Terima Jamaah Haji Sulteng Tahun 1440 H2019

PALU-Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Dr. H. Rusman Langke, M.Pd, bersama Gubernur Sulteng yang diwakili oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng, H. Rusli Dg. Palabbi, S.Sos., MH, didampingi oleh pejabat terkait menerima secara resmi jamaah haji Sulteng yang baru saja pulang dari menunaikan ibadah haji di Makkah Almukarramah, yang tergabung dalam 5 kelompok terbang (kloter).

Pada hari Minggu pagi (8/9), Kakanwil bersama Wagub menerima jamaah haji yang tergabung dalam kloter 07 BPN sampai dengan kloter 11 BPN, di Asrama Haji Transit Palu.

Pada kesempatan itu Kakanwil H Rusman Langke selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Sulteng dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh Jamaah Haji kloter 07 sampai dengan kloter 11 BPN asal Sulteng.

“Rasa syukur kehadirat Allah SWT, dan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, dan seluruh unsur Forkompimda Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Pemerintah Kota (Pemkot) se Provinsi Sulawesi Tengah, seluruh PPIH baik di dalam maupun di luar negeri atas keberhasilan melaksanalan tugas melayani, membimbing dan melindungi seluruh jamaah haji, sehingga seluruh rangkaian kegiatan ritual ibadah haji berjalan lancar, tertib, dan berhasil,” jelas Rusman.

Dipaparkannya, seluruh jamaah haji Sulteng berjumlah 2.233 meninggal dunia hanya 7 orang, sehingga yang kembali 2.226 orang. Hal ini merupakan indikator bahwa tugas pemerintah dalam melayani, membimbing, dan melindungi jamaah haji Indonesia berhasil degan baik.

Rusman mengharapkan, mudah-mudahan seluruh jamaah haji menjadi haji mabrur, dan menjaga kemabruran haji dengan menjunjung tinggi akhlakulkarimah, dan menjadi panutan di tengah keluarga dan masyarakat.

Sementara itu, Wagub Sulteng, H Rusli Dg Palabbi, sebagai wakil dari Pemerintah Provinsi Sulteng merasa sangat bersyukur atas kembalinya jamaah haji asal Sulteng dengan gilang gemilang. “Semoga bapak ibu haji menjadi haji mabrur dan menjadi insan yang lebih baik di tengah masyarakat,” kata Wagub.

Pemprov juga sangat mengapresiasi hasil kerja para penyelenggara dan pendamping haji yang telah mencurahkan pikiran dan waktunya untuk menyukseskan penyelenggaraan haji tahun ini. Sebab, tidak mudah untuk mendampingi jamaah haji sebanyak 2000-an lebih, sementara petugas pendamping haji hanya sekitar 25 orang, ini tidak mudah.

“Luar biasa kerja-kerja dari para tim pendamping haji kita. Semua dicurahkan untuk melayani semua kepentingan jamaah haji kita,” ujarnya.

Karena itu, kata Wagub, prestasi ini dapat dipertahankan dan perlu ditingkatkan lagi apa-apa yang masih perlu dibenahi dan diperbaiki beberapa kekurangan yang ada. “Insya Allah kedepannya lebih baik lagi, “ tandas Wagub.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.