alexametrics Kakanwil Kemenag Sulteng Resmikan PTSP M. Ts Negeri 2 Palu – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Kakanwil Kemenag Sulteng Resmikan PTSP M. Ts Negeri 2 Palu

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU-Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Dr. H. Rusman Langke, meresmikan penggunaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Madrasah Tsanawiyah (M.Ts) Negeri 2 Kota Palu, disaksikan Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kota Palu, Drs. H. Mas’um Rumi, MM, Kepala TU Kanwil Kemenag Sulteng, Dr. H. Kiflin Padjala, Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kemenag Sulteng, Dr. Gasim Yamani, serta para Kepala Madrasah (Kamad) Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah se Kota Palu.

Pada prosesi peresmian PTSP M.Ts. Negeri 2 Kota Palu, Selasa kemarin (10/11), yang bertepatan dengan hari Pahlawan, Kakanwil H. Rusman Langke menyatakan sangat mengapresiasi hasil perjuangan para pahlawan terutama pahlawan dari Sulawesi Tengah.
Pada kesempatan itu, Kakanwil menggugah para Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pelaku utama dalam mengelola PTSP, terutama ASN yang ada di lingkup M.Ts.Negeri 2 Kota Palu, agar di lubuk hatinya yang paling dalam tertanam satu kata cinta. Boleh dibilang kata kunci dalam melaksanakan tugas negara sehari-hari.

“Kata mencintai merupakan kata motivasi untuk kita bekerja, sesuai dengan jargon Kemenag yaitu Ikhlas beramal. Semoga, pelayanan PTSP yang kita resmikan ini menjadi pelayanan terbaik dan menjadi contoh pengelolaaan PTSP di tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, “ papar Kakanwil.

Disebutkan Kakanwil, peresmian PTSP di M.Ts, Negeri 2 Kota Palu kemarin merupakan yang ke enam di Sulteng, dan yang kedua di Kota Palu setelah PTSP MIN 1. Kota Palu. Kakanwil sangat berharap pengelolaan PTSP ini menjadi yang terbaik dalam rangka memberikan pelayanan prima di madrasah. Madrasah hebat, sekolah itu madrasah, dan madrasah itu sekolah.

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala M.Ts.Negeri 2 Palu, H. Muh. Syamsu Nursi, S.Pd.I., MM, mengatakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau yang biasa disingkat PTSP adalah merupakan pengejawantahan dari Visi dan Misi Kemenag Republik Indonesia yaitu lima nilai budaya kerja, yakni integritas, profesionalisme, inovasi, tanggungjawab, dan keteladanan.

Dasar hukum pendirian PTSP M.Ts. Negeri 2 Kota Palu adalah Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Peraturan Menteri (Permen) Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) Reformasi dan Birokrasi (RB) Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dijelaskan Kepala M. Ts. Negeri 2 Kota Palu, Syamsu Nursi, adapun bentuk usaha yang dilakukan dan penganggaran yaitu dengan adanya bantuan penambahan alokasi rehabilitasi gedung madrasah pasca bencana yang ada pada DIPA Kemenag Tahun Anggaran 2019, sehingga pihaknya berupaya memperbaiki gedung kantor sekaligus pembuatan PTSP, penyediaan sarana dan prasarana serta aplikasi dalam pelayanan PTSP, sehingga dapat terselesaikan dengan baik dan digunakan di tahun 2020 yang telah diresmikan oleh Kakanwil Kemenag Sulteng.

Disebutkan Kepala Madrasah (Kamad) M.Ts. Negeri 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi, jumlah pelayanan PTSP berupa surat masuk dan keluar, legalisir ijazah, SKHU dan rapor siswa. Kemudian surat keterangan siswa, surat keterangan ijazah hilang ataupun rusak, mutasi siswa masuk, mutasi siswa keluar, pengajuan PIP, dan pengambilan ijazah siswa.
Dijelaskan Syamsu, pelaksanaan pendirian PTSP M.Ts. Negeri 2 Kota Palu adalah dengan melakukan pelayanan yang maksimal dengan motto “Pelayanan Santun, Senyum, Amanah, Nyaman, Tuntas, Unjuk Kerja, dan Nyata.”

“Disamping itu pelayanan PTSP M. Ts. Negeri 2 Kota Palu menerapkan nol dari rupiah, alias tidak memungut biaya. Atau gratis, “ tegas Syamsu.

Menurutnya, dari delapan alur bentuk pelayanan, jajaran PM. Ts. Negeri 2 Kota Palu akan berusaha dan terus menerus berupaya memberikan pelayanan yang prima, dengan menjunjung tinggi asas cepat, transparan, professional, serta amanah.
PTSP dimaksudkan untuk menjawab tantangan ke depan, sekaligus menjawab kritik masyarakat terhadap pelayanan yang dianggap kurang terbuka atau tidak transparan, dan tidak akuntable.

“ Kami sangat menyadari PTSP yang dibuat dan disajikan ini jauh dari sempurna, seperti kata-kata bijak tiada gading yang tak retak. Atas dasar pemikiran itu pula kami dapat menerima kritik dan saran, guna menyempurnakan pelayanan M.Ts. Negeri 2 Kota Palu, “ pungkasnya.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.