Kakanwil Kemenag Sulteng Letakan Batu Pertama Asrama Terpadu MAN IC Palu

- Periklanan -

PALU-Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Dr. H. Rusman Langke, meletakkan batu pertama pembangunan gedung asrama terpadu, pembangunan gedung pusat layanan keagamaan terpadu, dan gedung mess guru yang didanai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2020.

Peletakan batu pertama tersebut disaksikan Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Palu, Soim Anwar, S.Pd., M.Pd, Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kota Palu Mas’um Rumi, Ketua Komite MAN IC, perwakilan Koramil, perwakilan Polri, Camat Palu Utara, Lurah, dan Ketua RT dan RW Kelurahan Mamboro, serta imam Masjid Al Tarbiyah, para dewan guru MAN IC Kota Palu.

Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Rusman Langke, dalam sambutannya berterima kasih kepada Kamad MAN IC Kota Palu, Soim Anwar dan jajarannya, bahwa hanya dalam waktu empat tahun sudah banyak prestasi yang diukir, beserta sarana dan prasarana infrastruktur semakin banyak dan megah.

Semua fasilitas mulai dari ruang belajar, perpustakaan, laboratorium, aula dan kantor kepala sekolah beserta staf Tata Usaha sudah tersedia. Kini ditambah lagi sarana dan prasarana yang baru dan akan dibangun yaitu asrama terpadu, pembangunan gedung pusat layanan keagamaan terpadu, dan gedung mess guru.

” Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Kamad, dewan guru, tata usaha, komite, orang tua siswa yang sudah bersama-sama dan saling mendukung membangun sehingga kita bisa seperti ini,” kata Kakanwil.

Dikatakan Kakanwil, salah satu kesyukuran para pelajar kita dibina dan dididik dengan teknologi dan berbarengan ilmu keagamaan. Kualitasnya sarana dan prasarana berbanding lurus juga dengan kualitas mutu anak didik kita yang terus mencetak prestasi diberbagai ajang lomba yang diikuti.

“ MAN IC sarana dan prasarananya, gunung sudah digusur, ini satu pencapaiannya sangat luar biasa. Pembangunam ini sangat positif dan strategis. Gedung terpadu dalam rangka meningkatkan kualitas anak didik, juga guru dalam mencapai pembangunan yang berkulitas. Saya harapkan fokus dan berkonsentrasi dalam pembangunan. Pengawas bisa mengawsi pembangunan ini, mengingat daerah kita rawan bencana alam, ” tegas Kakanwil.

Dikatakan Kakanwil, dari penyampaian Kamad MAN IC, bahwa di kawasan ini adalah madrasah sudah mencetak anak didik hingga berprestasi, hingga wajar banyak yang melanjutkan pendidikan tingginya ke fakultas kedokteran, hukum, teknik, penerbangan, insinyur, dan juga menjadi ulama semua bisa dari madrasah.

- Periklanan -

“Alhamdulillah MAN IC dan madrasah kita lainnya sudah banyak berprestasi di tingkat nasional dan internasional, ” paparnya.

Sementara itu, dari penjelasan Kamad MAN IC Kota Palu, Soim Anwar, pembangunan dihadapan Kakanwil dan para undangan sebagai saksi pembangunan yang akan dibangun saat ini yaitu gedung pusat layanan keagamaan terpadu.

“ Gedung pusat layanan keagamaan ini berlantai dua. Lantai di bawahnya di desain untuk perpustakaan, juga bermanfaat untuk kegiatan kajian kitab kuning. Sedangkan lantai di atasnya tempat salat. Begitu juga disebelah bukit ini akan dibangun asrama terpadu. Dan di bawahnya sedang dibangun mess guru, “ urainya.

“Bila ada guru dari Amerika yang mengajar bahasa Inggris, maka dia akan tinggal di mess guru sesuai standar yang diminta, ” kata Kamad. Selanjutnya, jelas Kamad, pada tahun depan 2021, akan dibangun asrama siswa.

Kamad juga menjelaskan prestasi anak didiknya yang sudah menorehkan tinta emas prestasi di berbagai ajang lomba, baik tingkat daerah, regional, nasional bahkan internasional.

“Anak didik kami baru saja mengikuti lomba tingkat internasional, meraih juara tiga, dan berhak mendapatkan medali perunggu. Pengujinya dari Jerman dan Amerika, “ papar Kamad Soim Anwar.

Sebelumnya, kata Soim, anak didiknya ditahun-tahun pertama meraih prestasi dan mendapatkan medali penghargaan, begitu juga ditahun kedua bisa meraih medali emas di Semarang.

Selain prestasi, para siswa jebolan MAN IC Palu diterima diberbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Tahun ini satu siswa diterima di perguruan tinggi Pertamina, mendapatkan beasiswa full. Di kedokteran diterima dibeberapa perguruan tinggi ternama, salah satunya di Universitas Tadulako Palu.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.