Kadis PU Bingung Kalau DPRD Tak Tahu

Terkait Pembahasan Pembayaran Utang Jembatan IV Palu

- Periklanan -

PALU-Pemerintah Kota (Pemkot) Palu menyampaikan jika pembayaran utang jembatan IV (empat) Palu, pembayarannya dengan menggunakan acuan Perda nomor 10 tahun 2018 tentang RAPBD tahun 2019.
Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Palu Iskandar Arsyad, yang juga sebagai eksekusi atas pembayaran anggaran utang jembatan IV Palu, menyampaikan bahwa tidak mungkin Pemerintah Kota (Pemkot) Palu membayar utang jembatan empat, tanpa ada dasar pijakannya.
“Kita mengeksekusi pembayaran utang jembatan IV Palu itu berdasar dari adanya perintah melalui acuan Peraturan Daerah (Perda) nomor 10 tahun 2018 tentang RAPBD untuk tahun 2019, itu dasar kita,” katanya kepada Radar Sulteng kemarin, Jumat (12/7).
Termasuk dengan dasar dari ketentuan dan ketetapan hukum dari Mahkamah Agung (MA) yang menguatkan secara hukum, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, wajib membayar utang jembatan IV Palu.
“Ketetapan itu sudah inkrah artinya kita harus bayar. Kalau tidak dibayar maka kita akan dikenai melanggar dan tidak taat hukum,” sebut.
Kemudian, Iskandar Arsyad juga menjelaskan bahwa, tidak mungkin dari pihak DPRD Kota Palu, tidak mengetahui adanya penganggaran atas kewajiban untuk membayar jembatan empat Palu tersebut.
“Saya juga bingung kalau ada yang mempertanyakan, apalagi dari mereka (DPRD, red),” tuturnya.
Sementara dalam hal penganggaran, sebelum ditetapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palu atas Peraturan Wali Kota (Perwali), pastinya pembahasannya dibahas terlebih dahulu di tingkat DPRD kota, baru ditetapkan oleh Wali Kota Palu.
“Mereka mempertanyakan persoalan anggaran dari mana, berarti mereka mempertanyakan mereka sendiri, seakan tidak tahu, padahal telah dibahas sebelumnya sama mereka,” katanya.
Ia pun menyampaikan, nantinya sesuai dengan permintaan dari pihak DPRD Kota Palu untuk mendengar penyampaian langsung dari Pemkot Palu, yang mempermasalahkan dari mana penggunaan biaya anggaran pembayaran utang jembatan IV Palu, kata Iskadar jawabannya saat disampaikan langsung oleh Walikota Palu.
“Jadi nanti kita dengarkan langsung dari Wali Kota Palu saja tanggal 15 Juli 2019 mendatang. Sesuai dengan permintaan mereka untuk mendengar langsung dasar pembayaran jembatan IV Palu,” tegasnya.
Sementara dalam pemberitaan di harian Radar Sulteng edisi terbit Jumat tanggal 12 Juli 2019, pihak anggota Pansus DPRD Kota Palu menanyakan perihal pembayaran utang jembatan empat Palu, yang menurut Ketua Pansus DPRD Kota tidak masuk dalam lampiran anggaran.(zal)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.