Kabupaten Touna Perlu Diwaspadai

Hasil Informasi KPU RI Daerah Rawan Pilkada

- Periklanan -

PALU – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah (Kesbangpol) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) hingga kini tetap memantau perkembangan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Hal itu dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Menurut Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulteng, Dr Fahrudin SSos MSi pemantauan di lapangan hingga kini terus dilakukan. Secara umum kata Fahrudin, sejauh ini kondisi di lapangan masih kondusif dan tidak ada gejala-gejala yang bisa menimbulkan kerawanan. Tentunya kata Fahrudin kondisi yang aman dan kondusif seperti ini baik untuk keberlangsungan Pilkada di Sulteng.

“Alhamdulillah sampai dengan saat ini belum ada hal-hal yang berarti yang didapat. Tahapan Pilkada berjalan dengan lancar. Belum ada hal-hal yang berarti yang dapat menghambat, yang dapat mengganggu yang berdampak terhadap kelancaran Pilkada,” kata Fahrudin, Senin (10/2/2020).

Hanya saja kata Fahrudin berdasarkan informasi yang diterima dari KPU RI, daerah yang perlu diwaspadai untuk Pilkada kali ini ialah Kabupaten Tojo Una-una. Meski tidak menyebut secara detil bentuk kerawanannya seperti apa, hanya saja kata Fahrudin berdasarkan informasi itu, pihaknya juga akan menaruh perhatian lebih untuk memantau perkembangan tahapan demi tahapan Pilkada di Kabupaten Tojo Una-una. “Walaupun tidak disebutkan seperti apa kerawanannya, tentu harus ada langkah antisipasi dari Pemerintah Daerah. Supaya Pilkada serentak di wilayah Kabupaten Tojo Una-una bisa berjalan sebagaimana yang kita harapkan,” paparnya.

- Periklanan -

Fahrudin menjelaskan, sebagai Pemerintah Daerah, Kesbangpol Provinsi Sulteng ikut memantau seluruh tahapan Pilkada mulai dari penandatanganan naskah perjanjian hibah antara Pemda dan penyelenggara Pemilu serta TNI/Polri hingga kini masuk pada tahap pembentukan PPK, PPS, dan KPPS. Pemantauan yang dilakukan Kesbangpol kata Fahrudin untuk memastikan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilkada bisa berjalan sukses dan tanpa kendala.

“Sebagai wakil pemerintah, tentu Kesbangpol ikut memantau tahapan-tahapan itu. Jangan sampai tahapan-tahapan ini tidak berjalan dengan lancar. Siapa tahu ada hal-hal yang membutuhkan fasilitas pemerintah atas permintaan dari KPU ataupun Bawaslu maka kami dari Pemerintah Daerah akan memfasilitasi selama itu masih sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” imbuhnya.

Untuk melakukan langkah preventif timbulnya kerawanan jelang Pilkada, pihaknya jelas Fahrudin juga akan melaksanakan berbagai pertemuan dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait guna kelancaran penyelenggaraan Pilkada di Sulteng. “Sehingga hal-hal yang kemungkinan bisa mengganggu Pilkada, bisa lebih awal kita cegah,” pungkasnya. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.