Kabupaten Poso Kembali Raih WTP Setelah Enam Tahun

Komunikasi dan Koordinasi Jadi Kunci

- Periklanan -

PALU – Pola komunikasi dan koordinasi yang intens Bupati Poso dan jajarannya, menjadi kunci kesuksesan Kabupaten Poso kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Opini WTP yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI ini, merupakan suatu capaian prestasi yang diraih, setelah opini serupa terakhir diraih enam tahun yang lalu.
Usai menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK RI Perwakilan Sulteng, Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu mengungkapkan, tiga tahun menjabat dirinya baru bisa meraih WTP, karena banyak faktor yang terus dibenahi. “Setahun setelah kami menjabat banyak yag memang harus dibenahi, kita juga hampir disclaimer saat itu. Tapi tidak ada yang mustahil, kalau kita terus bekerja dan bekerja,” terang Darmin.
Opini WTP ini kata dia, bukan kerja orang per orang, namun kerja tim yang di dalamnya ada seluruh OPD jajaran Pemerintah Kabupaten Poso. Untuk itu, sejak awal, Darmin memetakan permasalahan yang ada di kabinetnya, dan mencari jalan keluar, yakni dengan mengajak seluruh pimpinan OPD meningkatkan komunikasi dan koordinasi. “Saya sampaikan tidak ada masalah yang tidak bisa dipecahkan, jika kita bisa saling berkomunikasi dengan baik. Apakah itu antara saya sebagai Bupati dan Kepala OPD, atau Kepala OPD dan bawahannya, maupun koordinasi antar OPD. Capaian ini bukan capaian 1 OPD saja, namun ini kerja tim, kerja kita bersama,” sebut Bupati Poso.
Kemudian kata dia, yang juga dilakukan, baik itu bupati maupun Kepala OPD, yakni pengawasan melekat kepada seluruh jajaran. Kalau tidak diawasi, mustahil hasil yang ingin dicapai bisa terwujud. “Saya minta Kepala OPD lakukan cek and ricek tugas bawahan. Kita semua fokus bekerja. Saya tekankan juga bahwa kerja itu ibadah, dan membangun motivasi kerjasama,”jelasnya.
Beruntung pula, latarbelakang militer yang dimiliki Darmin, juga dibawa ke pemerintahannya. Alhasil, seluruh ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Poso, bisa benar-benar disiplin dan tanggungjawab terhadap tugasnya masing-masing. “Sekarang kalau mau dilihat, baik apel pagi dan apel sore, selalu ramai. Saya juga sampaikan ke Kepala OPD-nya, untuk bisa berikan contoh. Minimal mereka juga pimpin apel, saya pun jika di Poso juga selalu pimpin apel,” tandas purnawiran TNI Angkatan Laut ini. (agg)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.