Kabupaten Buol Optimis Salurkan 100 Persen BLT-DD Tahap 1

- Periklanan -

BUOL-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) terus mendorong pencapaian target penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap 1, dan optimis akan mencapai target 100 persen sebelum 24 Mei 2020 sebagaimana diamanatkan Intruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transimigrasi Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2020 Tentang Percepatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, tanggal 15 Mei 2020 yang mengintruksikan kepada kepala desa agar masyarakat desa yang terkena dampak Covid-19 segera menerima BLT-DD. Kepala desa menyalurkan BLT-DD sebelum 24 Mei 2020.

Koordinator Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TA-PM) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Buol, Moh. Ishak SY Latama, menguraikan sampai dengan Jumat (22/5), dari 108 desa di 10 kecamatan se Kabupaten Buol telah tersalur BLT-DD di 106 desa pada 8.200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total BLT-DD sebesar Rp 4,9 miliar atau 98,15 persen dari jumlah desa. Dua desa yakni Desa Lakea II Kecamatan Lakea dan Desa Tamit Kecamatan Bunobogu ditargetkan menyalurkan BLT-DD pada Sabtu (23/5).

- Periklanan -

Dijelaskan Moh. Ishak SY Latama, setiap KPM akan menerima BLT-DD sebanyak enam kali atau enam bulan berturut-turut sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 50/PMK.07/2020 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 205/PMK.07/2019 Tentang Pengelolaan Dana Desa, tanggal 19 Mei 2020, menyebutkan jaring pengaman sosial di desa berupa BLT-DD kepada keluarga miskin atau tidak mampu di desa sebagai KPM ditetapkan sebesar Rp 600 ribu untuk bulan pertama, sampai dengan bulan ke tiga per keluarga penerima manfaat dan Rp 300 ribu untuk bulan ke empat sampai dengan bulan ke enam.

“ Dalam rangka melaksanakan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak (physical distancing), menghindari kerumunan, dan memakai masker sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, maka setelah penyerahan secara simbolis di Aula BPU Kecamatan Bokat kemudian dilanjutkan dengan penyerahan BLT-DD kepada KPM dari rumah ke rumah, “ terang Moh. Ishak.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.