Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Jumpa Lagi di Pojok HIV Tahun 2021

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Oleh : dr. Muslimah L. Gadi M.Si (Sekretaris KPAP SulTeng)

HALO pembaca setia pojok HIV AIDS,
Selamat bertemu kembali di tahun 2021.
Semoga tetap sehat, dan jangan lupa melakukan protokol kesehatan dalam mencegah Covid-19. HIV- AIDS merupakan salah satu masalah kesehatan yang masih perlu mendapat perhatian khusus dalam penanggulangannya.

Kita ketahui bahwa penanggulangan HIV masuk dalam upaya prioritas bidang kesehatan dimana masuk dalam salah satu target pencapaian SDGS (Sustainable Development Goals). Olehnya masuk dalam SPM ( Standar Pelayanan Minimal) yang harus ditanggulangi dalam rangka mencapai Three Zero Th 2030 (Zero New Infection, Zero Related Death AIDS, Zero Stigma and Discrimination).

Data dari Dinas Kesehatan bahwa HIV diSulawesi Tengah sejak ditemukan Tahun 2002 di Palu s/d juni 2020 sejumlah 1905 kasus (45,47%), dari estimasi HIV sejumlah 4189 di Sulteng tahun 2020. Berdasarkan hasil temuan tersebut kita harus berupaya menemukan kasus HIV pada mereka yang berperilaku beresiko.
Siapa saja yang berpotensi berperilaku beresiko? Yakni :

– Mereka yang suka gonta – ganti pasangan tanpa menggunakan pengaman (Kondom)
– (PSK & Pelanggannya)
– Pemakai Narkobba suntik (menggunakan jarum suntik bergonta – ganti)
– Transgender, LSL (Lelaki Seks Lelaki) / Gay.

Mereka tersebut diatas diharapkan agar melakukan VCT/ KTS ( Voluntary Counceling and Test/ Konseling dan Tes Sukarela) baik di Rumah Sakit, Puskesmas maupun langsung ke Konselor HIV.

Melalui informasi pada rubrik ini diharapkan para pembaca Pojok HIV AIDS dapat memberikan motivasi pada temannya, sahabatnya, keluarganya dihimbau untuk melakukan VCT/KTS agar dapat sesegera mungkin diketahui statusnya. Bila positif HIV segera minum ARV (Anti RetroViral) sehingga dapat sedini mungkin diobati hingga tidak sampai ke stadium AIDS. Mereka yang diketahui statusnya, dapat hidup sehat dan masih kuat mencari nafkah untuk keluarga. Dengan demikian tujuan mencapai Zero Related Death AIDS dapat dicapai. Ayo Lakukan VCT/KTS !
Anda Bisa , Kita Bisa , Harus Bisa! Lindungi Diri, Keluarga, Teman, Pasangan Anda dari HIV – AIDS Berprilaku Sehat, Hindari Seks Bebas, akan menjaga diri anda dari HIV – AIDS Dalam Masa Pendemi COVID – 19 jangan lupa :

– Memakai Masker
– Mencuci Tangan
– Menjaga Jarak / Hindari Kerumunan
– Batasi keluar rumah bila tidak dalam keadaan mendesak. (**)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.