Jumlah TKA Klas III di Banggai Jadi Misteri

- Periklanan -

Ilustrasi tenaga kerja asing. (@jabar.pojoksatu.id)

MOROWALI – Kantor Imigrasi Klas III Banggai yang menangani enam kabupaten di wilayah Timur Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), mempunyai jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang mempunyai izin beraktivitas menjadi misteri. Pasalnya, jumlah TKA yang saat ini mereka pegang sangat berbeda jauh dengan jumlah TKA yang dimiliki Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Transnaker) Kabupaten Morowali.

Kepala Kantor Imigrasi Klas III Banggai, Novly Tenlie Nelson, mengatakan, saat ini pihaknya memegang data TKA yang beraktivitas di wilayah mereka sebanyak 374 orang. Data TKA tersebut, diterima pihaknya pada 24 Februari 2017 lalu.

“Saya kan baru menjadi Kepala Kantor Imigrasi Klas III Banggai, jadi baru ini data TKA yang kami terima dari enam kabupaten yang menjadi wilayah tanggung jawab kami,”ungkap Novly, saat diwawancara di Kantor Bupati Morowali Selasa kemarin (28/2).

- Periklanan -

Dari 374 jumlah TKA yang mempunyai izin masuk ke wilayah Imigrasi Klas III Banggai tersebut, mempunyai visa beragam macam. Untuk visa Izin Tenaga Kerja (ITK) berjumlah 276 orang, Izin Tinggal Terbatas (ITAS) 97 orang dan yang terakhir Izin Tinggal Tetap (ITAP) satu orang.

“Saat ini, kami masih terus mencari data yang akurat terkait jumlah TKA yang masuk ke wilayah kerja kami yakni Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Tojo Una Una, Morowali Utara dan Morowali,”ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Transnaker Kabupaten Morowali, Hendra Marundu, mengatakan jumlah TKA khusus Kabupaten Morowali yang mereka data sebanyak 975 orang. Bahkan, jumlah tersebut hanya berasal dari satu perusahaan Nikel yakni PT. Indonesia Morowali Industrial Park (PT.IMIP) yang saat ini menjadi sorotan media.

“Itu data TKA yang kami punya, 975 orang. Tapi belum kami ketahui, sudah mempunyai Izin atau tidak, “ungkapnya ditemui di tempat yang sama.

Tentunya, jumlah tersebut sangat berbeda jauh dengan jumlah TKA yang resmi dimiliki Kantor Imigrasi Klas III Banggai yang wilayah kerjanya di enam Kabupaten wilayah Timur Provinsi Sulawesi Tengah. Maka dari itu, pihak Pemkab Morowali bekerja sama dengan pihak Imigrasi untuk mengungkap tabir misteri tentang jumlah TKA di beberapa perusahaan di Kabupaten Morowali dengan membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora).(fcb)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.