Jembatan Tamit – Tayadun di Buol Putus

- Periklanan -

PUTUS : Jembatan yang menghubungkan Desa Tamit Kecamatan Bunobogu dan Desa Tayadun Kecamatan Bokat Kabupaten Buol putus diterjang banjir. (foto: BPBD Buol)

BUOL – Jembatan yang menghubungkan antara Desa Tamit Kecamatan Bunobogu dan Desa Tayadun Kecamatan Bokat Kabupaten Buol, sekira 45 kilometer dari ibu kota sebelah Utara Kabupaten Buol putus diterjang banjir, yang menggerus wilayah dua desa tersebut.

Pertemuan arus sungai dan laut yang membelah dua desa menerjang talud jembatan hingga putus. “Derasnya air sungai dan air laut sehingga bagian sisi kanan dan kiri jembatan retak, dan semakin melebar,” kata Kepala Desa Tamit Ramli K Sulu, kepada Radar Sulteng, Kamis (23/2).

- Periklanan -

Menurutnya, kondisi jembatan sepekan terakhir sudah sangat memprihatinkan sebagai akibat deras hujan yang disertai banjir  terus–menerus mengguyur wilayah Kabupaten Buol. Akibatnya beberapa infrastruktur seperti, jembatan dan jalan raya mengalami kerusakan. Apalagi dua hari berturut-turut hingga Kamis kemarin, kembali hujan lebat melanda daerah paling Utara Sulteng itu. “Sedikitnya, dua kecamatan yakni Kecamatan Bokat dan Bunobogu terendam banjir bandang setinggi lutut orang dewasa,” paparnya.

Kades Ramli juga menyebutkan, jembatan penghubung kedua desa tersebut belum lama dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol, yaitu sekitar dua tahun yang lalu dan telah dimanfaatkan oleh warga sekitar. Hingga menghubungkan akses menuju Kota Buol dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Kondisi jembatan yang terputus itu saya sudah sampaikan ke Pemerintah Kabupaten. Kami sudah dijanji akan dilakukan perbaikan,” jelas Kades.

Pemerintah desa dan Kades kini berharap, Pemkab Buol dapat melihat kondisi putusnya jembatan tersebut, dan secepatnya merealisasikan kembali perbaikannya. Karena jembatan tersebut merupakan akses pengembangan perekonomian masyarakat, terutama Desa Tamit dan Desa Tayadun yang berada pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Bunobogu dan Bokat.

Sementara informasi yang dihimpun, akibat hujan deras yang mengguyur Kabupaten Buol beberapa hari terakhir mengakibatkan sejumlah rumah warga di beberapa desa di Buol terendam banjir. (tam)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.