Jembatan Lamadong Buol Memprihatinkan

- Periklanan -

BUOL – Fasilitas jembatan yang menghubungkan desa Lamadong dan desa Guamonial Kecamatan Momunu Kabupaten Buol kurun waktu tiga tahun terakhir mulai memprihatinkan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol melalui dinas tehnik terkesan cuek terkait keluhan warga yang setiap kali melintasi jembatan yang berbahan dasar besi dan lantai kayu ini berbahaya untuk dilewati jika tidak berhati-hati.
“Sudah beberapa orang pengendara roda dua hampir masuk ke dalam air karena lantai papan jembatan sudah banyak yang rusak dan lapuk.” ungkap Ading warga desa Lamadong pada Radar Sulteng, Kamis (11/4).
Menurutnya jika sudah musim hujan pengendara maupun warga yang melintas lewat jembatan dengan panjang kurang lebih 60 meter di atas sungai Lamadong ini harus ekstra hati-hati karena selain lantai licin juga papan kayu sebagian sudah lapuk dan patah serta berlubang-lubang serta berbahaya jika tidak waspada.
Dia mengatakan Pemkab diminta untuk peduli dan segera mengambil langkah-langkah perbaikan dengan merubah lantai menjadi beton atau aspal secara permanen agar arus transportasi setiap hari lancar dari setiap arah tidak ada hambatan. “Inilah yang diinginkan warga di sini agar jembatan segera diperbaiki dengan bahan kualitas yang kuat dan tahan lama kalau hanya kayu pasti terus menerus selalu rusak,” ujar Ading diamini warga lainnya.
Sementara Kadis Pekerjaan Umum (PU) Buol, Ir Aryan Gafur mengatakan untuk paket pekerjaan tahun ini jembatan Lamadong salah satu program prioritas pembangunan infrastruktur akses penyebrangan akan tetapi dinas tehnik hanya mengalokasikan anggaran sebatas perbaikan atau mengganti panel lantai kayu bukan dengan lantai beton atau aspal.
Alasan kata Aryan Gafur, ketersediaan anggaran ABPD yang minim, sehingga untuk membiayai bangun baru seperti yang diinginkan masyarakat harus menyiapkan anggaran yang lebih besar diperkirakan mencapai Rp 15 miliar dan itu Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak mampu.
Sehingga, untuk mengantisipasi kerusakan parah harus dilakukan perbaikan lantai jembatan dari bahan yang sama. Namun demikian Pemkab Buol telah mengusulkan ke pemerintah pusat untuk bisa membantu anggaran APBN di Buol dalam hal perbaikan infrastruktur termasuk jembatan Lamadong. “Yang kita siapkan untuk perbaikan lantai kayu jembatan dengan anggaran sekitar Rp 5 miliar,” tandas Aryan.(tam)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.