Jelang Musda Demokrat Sulteng, Anwar Hafid Dapat Dukungan Penuh

- Periklanan -

PALU – Meski baru tahap pendaftaran Bakal Calon Ketua, namun nama Anwar Hafid (AH), hampir dipastikan bakal kembali memimpin Partai Demokrat Sulteng. Pasalnya, di hari terakhir pendaftaran Bakal Calon Ketua Partai Demokrat Sulteng, hanya Anwar yang mengembalikan berkas pendaftaran kepada Steering Committee (SC) Musyawarah Daerah (Musda) ke 4 Partai Demokrat Sulteng.

Ketua Demokrat Sulteng Periode 2016-2021 ini, datang mengembalikan berkas pendaftaran berikut dukungan sejumlah DPC Demokrat, Selasa malam (22/6/2021) di salah satu hotel. Anwar mengembalikan berkas pendaftaran tersebut, di hari terakhir pengembalian berkas yang ditentukan oleh SC.

Berkas pendaftaran Anwar ini, diterima oleh Ketua Steering Committee (SC) Musda, Karto Dg Nappa, dan selanjutnya diserahkan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, diwakili Sekretaris Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat, Rocky Amu.

Ditemui wartawan usai menyerahkan berkas pendaftaran, Anwar Hafid mengaku sengaja mendaftar di waktu akhir, karena berharap ada kader lain yang juga ikut mendaftar sebagai Bakal Calon Ketua Demokrat Sulteng. Namun kata dia, jauh hari sebelumnya dukungan dari 13 Pegurus Cabang Demokrat se Sulteng sudah diterimanya. “Ini sinyal bahwa teman-teman masih menghendaki saya memimpin lagi Partai Demokrat 5 tahun mendatang. Karena Cuma saya mendaftar, berarti calon tunggal,” sebut Anwar, yang juga anggota DPR RI.

- Periklanan -

Meski demikian, AH belum berani sesumbar hasil dari Musda akan aklamasi menunjuk dirinya kembali memimpin Demokrat Sulteng. Yang jelas kata dia, seluruh mekanisme yang diatur dalam Peraturan Organisasi (PO) tetap harus diikuti dan dilaksanakan. “Termasuk pelaksanaan Musda, harus tetap kita gelar. Yang jelas mekanismenya saya ikuti, dengan mendaftar, prosesnya seperti apa kita serahkan kepada panitia di DPD dan panitia di DPP,” tegasnya.

Lebih jauh disampaikan Bupati Morowali Dua Periode ini, bahwa Musda ke 4 Partai Demokrat Sulteng menjadi semangat persatuan dan akan tercermin dalam Musda ini nantinya. Dia juga berharap, Musda kali ini, jauh dari hiruk pikuk. “Sekalipun kita ketahui bersama, Partai Demokrat sempat mengalami turbelensi politik, tapi Alhamdulillah berkat kepiawawaian Ketum Partai Demokrat, bapak AHY, pesawat (partai) kami bisa diselamatkan dan akhirnya soft landing. Berkai ujian itu pula, Partai Demokrat akan semakin besar,” paparnya.

Musda kali ini, lanjut AH, juga akan dijadikan sebagai wadah kosolidasi dan soliditas Partai Demokrat Sulteng dalam menyongsong Pemilu 2024 mendatang. Harapannya, seluruh kader Demokrat Sulteng akan semakin kompak. Terpisah, Sekretaris BPOKK DPP Partai Demokrat, Rocky Amu mengungkapkan, meski nantinya hasil Musda menetapkan Anwar sebagai Calon Ketua Demokrat, satu proses lagi yakni fit and proper test tetap bakal dilakukan di DPP Partai Demokrat.

Sebelumnya, Kepala BPOKK Demokrat Sulteng, Abdul Rasyid Pusadan mengatakan, bahwa tidak ada aturan yang melarang, calon yang sudah pernah menjabat sebagai Ketua maju kembali sebagai Ketua DPD untuk mengabdi terhadap partai. Sehingga, Ketua DPD Demokrat Sulteng saat ini, juga berhak untuk kembali maju dalam Musda mendatang. Musda ke 4 Partai Demokrat Sulteng sendiri, rencananya digelar Kamis 24 Juni 2021 dan dibuka oleh Sekretaris Jederal (Sekjen) Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsa. (agg)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.