alexametrics Jasa Raharja Sulteng Kerjasama dengan Koperasi Lima Citra Jasa Transfortasi – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Jasa Raharja Sulteng Kerjasama dengan Koperasi Lima Citra Jasa Transfortasi

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Pastikan Jaminan Perlindungan Penumpang Angkutan Sewa Khusus

PALU –  Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tengah menjalin kerja sama dengan Koperasi Lima Citra Jasa Transportasi yang merupakan Pusat Koperasi Angkutan Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah, Perjanjian Kerja Sama tersebut mengenai Pelaksanaan Penyetoran Iuran Wajib Penumpang  Kendaraan Bermotor Umum Angkutan Sewa Khusus.

Kegiatan penandatanganan kerja sama tersebut berlangsung pada hari Selasa (6/7) bertempat di aula Ditlantas Polda Sulawesi Tengah sekaligus bersamaan dengan Kegiatan Launching Kartu Kendali Legalitas dan Identitas Angkutan Sewa Khusus yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah dan dihadiri oleh Pj. Sekretaris Daerah Prov. Sulawesi Tengah  Mulyono, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah  Sisliandy Ponulele, Direktur Lalu Lintas Polda Sulteng Kombes Pol. Kingkin Winisuda dan Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tengah Suryadi.

Suryadi menyampaikan pentingnya identitas dan legalitas kendaraan Angkutan Sewa Khusus guna kepastian jaminan perlindungan asuransi penumpang angkutan sewa khusus, hal ini sejalan dengan amanat Program Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang yang dilaksanakan oleh Jasa Raharja.

Angkutan Sewa Khusus (ASK) memiliki peran strategis dalam mendukung pembangunan ekonomi, khususnya menyesuaikan dengan kondisi transportasi saat ini dimana populasi jumlah kendaraan untuk transportasi berbasis aplikasi (online) semakin marak digunakan masyarakat. Ketentuan mengenai Angkutan Sewa Khusus (ASK) telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 118 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah, melaunching Kartu Kendali Legalitas dan Identitas Angkutan Sewa Khusus secara terpadu, sehingga memastikan mitra driver berikut kendaraannya telah memenuhi persyaratan sesuai peraturan yang berlaku.

Pemerintah dalam memajukan transportasi online melalui Peraturan Menteri Perhubungan sebagaimana tersebut di atas, dimana Angkutan Sewa Khusus (berbasis aplikasi) menjadi salah satu sarana angkutan umum yang sah. Dalam hal ini, Pemerintah hadir melalui Jasa Raharja memberi jaminan kepada masyarakat dalam bentuk perlindungan asuransi yang bertujuan memberikan keamanan serta keselamatan bagi penumpang pengguna Angkutan Sewa Khusus Roda Empat (Mobil).

“Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Koperasi Lima Citra Jasa Transportasi merupakan wujud komitmen Jasa Raharja dalam hal percepatan informasi mengenai status keterjaminan bagi penumpang pengguna angkutan online roda empat yang mengalami musibah kecelakaan ketika dalam perjalanan,” ujar Suryadi.
Dengan di launching-nya Kartu Kendali tersebut oleh Dishub Provinsi Sulawesi Tengah tentunya sangat bermanfaat bagi Jasa Raharja dalam memastikan data kendaraan dan mitra driver  yang telah memperoleh izin resmi beroperasi sebagai Angkutan Sewa Khusus untuk terpenuhi hak dan kewajibannya sesuai dengan Undang-Undang.

“Tentunya tidak hanya sampai disini saja, kedepannya Jasa Raharja akan selalu berkolaborasi bersama stakeholder terkait untuk memastikan keabsahan data operator maupun mitra driver-nya sekaligus secara bertahap memperluas jalinan kerja sama dengan pihak badan hukum/koperasi lainnya yang mewadahi para mitra supir angkutan sewa khusus, sehingga seluruh masyarakat pengguna alat transportasi online (berbasis aplikasi) Angkutan Sewa Khusus yang telah memenuhi persyaratan sesuai regulasi yang ditetapkan Pemerintah, merasa aman dan nyaman karena terlindungi oleh Jasa Raharja,” ujar Suryadi.

Menutup periode sampai dengan Semester I Tahun 2021, PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tengah telah menyerahkan sebesar Rp.12,4 Miliar hak atas santunan bagi korban kecelakaan alat angkutan umum dan korban kecelakaan lalu lintas jalan, dengan aktivitas yang mengalami penurunan sebesar 11,94% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, hal ini disebabkan adanya peraturan pemerintah untuk pembatasan mobilitas masyarakat akibat pandemi Covid-19. Dalam memberikan pelayanan klaim santunan yang prima, rata-rata penyerahan santunan bagi korban meninggal dunia dapat diselesaikan dalam waktu 1 hari 21 jam. dengan kontribusi biaya yang dibayarkan secara Overbooking (mekanisme penjaminan biaya perawatan rumah sakit) sebesar 93,43%. Artinya, sebagian besar jumlah korban yang terjamin Jasa Raharja tidak perlu mengeluarkan dana untuk membayar ke Rumah Sakit karena pihak rumah sakit yang langsung menagih biaya rawatan ke Jasa Raharja, dengan dukungan kerja sama dengan 30 Rumah Sakit di seluruh wilayah Sulawesi Tengah untuk penanganan korban kecelakaan lalu lintas jalan dan korban kecelakaan alat angkutan umum. (*/lib)


Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.