alexametrics Jangan Sampai Ada Klaster Pilkada – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Jangan Sampai Ada Klaster Pilkada

Kapolda Ingatkan Peserta Pilkada Patuhi Protokol Kesehatan

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Seluruh bakal calon kepala daerah diminta untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan selama tahapan Pilkada. Hal ini guna mencegah terjadinya penularan Covid-19 sesama pendukung calon kepala daerah.

Demikian disampaikan Kapolda Sulteng, Irjen Pol Abdul Rakhman Baso didampingi Panglima Kodam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Santos G Matondang, saat mengikuti kegiatan apel gerakan penggunaan masker di Taman GOR, Palu Kamis (10/9) kemarin.

Disampaikan Kapolda, lewat gerakan penggunaan masker ini pula, pihaknya mengimbau kepada para kontestan peserta Pilkada ikut mendukung upaya menekan angka kasus Covid-19 di Indonesia. Salah satunya dengan penggunaan masker. “Jangan sampai ada klaster baru yang timbul,” sebut Kapolda.

Sudah jelas kata Kapolda, bahwa pihak KPU RI juga telah mengeluarkan aturan, bahwa saat kampanye rapat umum terbuka hanya boleh dihadiri maksimal 100 orang saja. Sedangkan ruang tertutup hanya bisa dihadiri sekitar 50 orang. Aturan ini juga harus dipatuhi. Kepolisian bersam TNI, juga siap mem-back up Bawaslu, dalam hal penindakan kepada pelanggaran-pelanggaran yang telah ditentukan dalam pelaksanaan Pilkada ini.

Dia juga berharap, Pemerintah Daerah (Pemda), membuat aturan apakah itu Peraturan Gubernur, Peraturan Wali Kota maupun Peraturan Bupati, yang memberikan sanksi bagi para pelanggar protokol kesehatan. Karena selama ini, sosialisasi-sosialisasi saja yang dibuat, belum tentu memberikan efek jerah kepada masyarakat.

Namun, jika kesadaran masyarakat telah tumbuh, maka tidak perlu ada aturan dengan sanksi-sanksi tersebut. “Ini kan untuk kesehatan masyarakat bersama. Asal semua sadar (menggunakan masker),” tegasnya.

Dalam kegiatan apel gerakan penggunaan masker ini, turut dihadiri Danrem 132 Tadulako, Brigjen TNI Farid Makruf, Kepala Kejati Sulteng, Gerry Yasid, Kepala Badan Kesbangpol Sulteng, Fahrudin D Yambas, serta Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen serta para tokoh masyarakat dan Ormas lainnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto menyampaikan, bahwa kampanye pemakaian masker ini serentak digelar oleh jajaran Kepolisian di seluruh Indonesia. Polda Sulteng dan jajaran Polres sendiri, setidaknya telah menyiapkan dan membagikan masker kepada masyarakat sebanyak 400 ribu lembar. “Diharapkan dengan gerakan ini, masyarakat dan peserta Pilkada serentak 2020 tetap mematuhi protokol kesehatan di setiap tahapan Pilkada,” tandas Didik. (mg2/agg)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.