Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Jalur Darat Napu-Poso Longsor

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

LONGSOR : Alat berat sedang mengeruk dan membersihkan material longsor di poros jalan Provinsi Napu-Poso, Selasa (7/3). (Foto: Budiyanto Wiharto)

POSO – Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Poso-Napu di KM 41 arah Doda rusak berat akibat longsor. Kendaraan bermotor pun harus berhati-hati saat melintasi titik longsor sepanjang 40-an meter tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Poso, Masdian Mentiri MSi, mengatakan, longsor yang terjadi pada Kamis (2/3) ini sempat memutus total arus lalu lintas selama hampir 24 jam. Sekarang, proses pembersihan material longsor sebanyak lebih dari 6.000 meter kubik masih terus dilakukan oleh BPBD Poso dan Dinas PU Poso.

“Materi longsornya sangat banyak, sehingga proses pembersihannya butuh waktu,” ujar Masdian pada Radar Sulteng, Selasa (7/3).

Menurut mantan Kadis PU ini, longsor ruas Napu-Poso bukan hanya terjadi di titik KM 41. Tapi juga terjadi di banyak titik. Materi longsor bervariasi. Bukan cuma tanah dan batu, tapi juga pohon-pohon besar yang ikut roboh karena longsor. Musibah longsor sendiri terjadi akibat hujan lebat yang sudah sepekan terakhir mengguyur wilayah Napu.

“Curah hujan di wilayah Napu sekarang cukup tinggi. Ini yang mengakibatkan longsor terjadi,” kata Masdian.

Soal kondisi jalan Poso-Napu saat ini, dia menyebut sudah bisa dilalui kendaraan bermotor. Namun demikian, pengguna jalan diminta berhati-hati karena kondisi jalan yang licin.(bud)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.