Ir Rudy Kembali Pimpin CU Mosinggani

Koperasi CU Mosinggani Laksanakan RAT Tahun Buku 2018

- Periklanan -

PALU-Ir Rudy Prasetyo Saputra kembali dipercayakan sebagai Ketua Koperasi Credit Union (CU) Mosinggani pada pemilihan pengurus yang dilaksanakan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2018 yang diselenggarakan di ruang pertemuan salah satu restaurant di Jalan Pattimura, Kota Palu, Sabtu (9/3).

Jabatan Wakil Ketua diamanahi kepada, Drs I Nyoman Sama. Sedangkan sebagai Sekretaris, terpilih Antonius Tanga SAg, serta bendahara dijabat Wenefrida Salama SE. Pembukaan RAT ke-7 Koperasi CU Mosinggani, dilaksanakan dengan meriah. Tamu kehormatan disambut dengan tarian penerima tamu oleh tiga gadis penari.

Hadir pada kegiatan itu, beberapa tamu kehormatan di antaranya, perwakilan Badan Koordinasi Credit Union (BKCU) Kalimantan, pendiri Koperasi CU Mosinggani, serta hadir pula Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Tenaga Kerja Kota Palu, Setyo Susanto ATD yang membuka kegiatan RAT secara resmi, serta pimpinan beberapa perbankan cabang Palu.
Ketua panitia, Gabriel Setto dalam laporannya menyampaikan ada tiga tujuan utama pelaksanaan RAT.

Tujuan pertama kata Gabriel adalah untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja pengurus, pengawas, dan managemen. Tujuan kedua pelaksanaan RAT sambungnya untuk melakukan pemilihan pengurus dan pengawas, serta yang ke tiga adalah untuk mengesahkan program kerja tahun buku 2019.
Ketua Koperasi CU Mosinggani, Rudy P Saputra menyampaikan kondisi CU Mosinggani pascabencana turut merasakan dampaknya. Untung saja kata Rudy, CU Mosinggani sebagai koperasi yang sudah berdiri sejak Maret 2012, dan memiliki 877 anggota tergabung dalam BKCU Kalimantan sehingga anggota CU Mosinggani juga mendapat bantuan yang dapat meringankan beban dari rekan-rekan CU yang tergabung di BKCU Kalimantan.

“Kita baru saja melewati masa-masa sulit. Kondisi ini harus menjadi penyemangat kita. Gempa besar itu tentu membawa dampak yang besar sekali. Kurang lebih kerusakan yang timbul akibat gempa yang harus kita pikul bersama Rp37 Triliun lebih. Dan CU Mosinggani ada di dalam kerusakan-kerusakan itu. Perjalanan di bulan Oktober, November, Desember, dan sampai saat ini begitu berat. Kita bisa melihat kinerja dari CU kita. Mau tidak mau harus kita akui, kita semua mengalami sedikit kesulitan untuk menjalani kewajiban sebagai anggota,” kata Ir Rudy di hadapan para anggota CU Mosinggani dan tamu undangan saat pembukaan kegiatan.

- Periklanan -

Namun lanjut Rudy, anggota CU Mosinggani juga harus bersyukur dan berterima kasih karena secara solidaritas, seluruh CU yang tergabung dalam BKCU Kalimantan, turut memberi bantuan kepada anggota CU Mosinggani.

“Secara solidaritas, CU-CU yang tergabung dalam BKCU Kalimantan mengumpulkan dana yang tidak sedikit bagi kita kurang lebih 5 persen dari aset kita. Aset kita 10 miliar lebih. Kita dibantu kurang lebih hampir 500 juta,” jelasnya, sambil menerangkan bantuan itu sudah disalurkan kepada seluruh anggota CU Mosinggani.

Sebelum membuka kegiatan, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Tenaga Kerja Kota Palu, Setyo Susanto, menyampaikan apresiasinya kepada CU Mosinggani yang tepat waktu melaksanakan RAT dan tetap eksis hingga saat ini.

“Saya mengapresiasi Koperasi Credit Union Mosinggani yang melaksanakan RAT tepat waktu. Karena aktif tidaknya sebuah koperasi dilihat dari pelaksanaan RAT nya. Dan ini sudah RAT ke 7,” ujar Setyo memberi apresiasi kepada pengurus CU Mosinggani.

Dalam sambutannya, Setyo juga mengingatkan beberapa hal yang mesti diperhatikan seluruh koperasi termasuk CU Mosinggani. Setyo mengingatkan agar koperasi harus memiliki Nomor Induk Koperasi (NIK) yang dikeluarkan Dinas terkait serta disertifikasi Kementerian. Pada kesempatan itu, Setyo juga membuka peluang kepada pengurus CU Mosinggani agar memasukkan nama-nama anggota CU Mosinggani untuk diikutkan dalam pelatihan di bidang koperasi yang dilaksanakan Dinas.

“Kami banyak program pembinaan seperti itu. Saya minta, pengurus nanti masukan nama-nama agar jika ada pelatihan peningkatan sumber daya manusia di bidang koperasi, bisa kami ikutkan,” demikian kata Setyo. (saf/exp)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.