alexametrics IOX Jelajahi “Medan Ganas” Sulawesi – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

IOX Jelajahi “Medan Ganas” Sulawesi

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Usung Tagline Jauhi Narkoba, Dekati Belantara

BERI PENJELASAN : Panitia pelaksana IOX Ultimate memberikan keterangan kepada wartawa, Jumat (24/2). (Foto: Agung Sumandjaya).

PALU – Indonesia Off Road Expedition (IOX) Adventure Club, yang merupakan komunitas offroader dari berbagai daerah di Indonesia ini, selama dua minggu akan menjelajahi medan ganas Pulau Sulawesi. Kegiatan bertajuk IOX Ultimate Celebes 2017 ini sendiri, juga bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), dalam misi ikut serta kampanye Stop Narkoba.

Kepada sejumlah wartawan di Palu, Ketua Panitia IOX Ultimate Celebes 2017, Teddy Wibowo mengungkapkan, kegiatan ini mengambil titik start di Kota Palu dan akan dilepas Sabtu (25/2) hari ini. Finish sendiri di Kota Makassar, dengan melintasi sebagian wilayah Sulawesi Barat.

“Ini adalah event pertama khusus motor (dirtbike) dan selanjutnya akan menjadi agenda rutin IOX Dirtbike yang dikhususkan bagi IOX rider/member dan calon rider/member baru IOX,” sebut Teddy Wibowo, yang didampingi Ketua IOX Adventure Club, Sri Hascaryo serta Panitia Pelaksana Sulteng, Durry Belona serta Panitia Pelaksana Sulsel dr Abdul Azis.

Berbeda dengan ekspedisi offroad tahun-tahun sebelumnya, kali ini khusus dirtbike, langsung jalan sendiri tanpa para peserta mobil 4×4. Jalur yang dilintasi sendiri, melewati tiga provinsi dengan medan berbeda. Tahapan event ini dipastikan akan menyajikan rute yang lebih menantang karena semua trek disurvey dan dipilih khusus untuk dirtbike. “ Format event ini bukan kompetisi tapi ‘Extreme Xpedition’ mengingat durasi perjalanan ekspedisi, total jarak tempuh, cuaca ekstrem, serta sajian trek dengan tingkat kesulitan medium to ‘Super Bejat’,” tambah Teddy lagi.

Selain membawa misi mengenal potensi wisata yang ada di seluruh Indonesia, IOX memang juga membawa misi kampanye berantas Narkoba di daerah-daerah. Sejak tahun lalu, menurut Ketua IOX Adventure Club, Sri Hascaryo, BNN dan IOX sudah bekerjasama dalam bidang pencegahan penyalahgunaan Narkoba. “Dengan adanya kerjasama ini membuat misi event bertambah selain ikut mendukung pariwisata Indonesia, kami juga mengkampanyekan stop narkoba di daerah-daerah yang kita lewati, juga bagi para riders yang tergabung dalam IOX dirtbike. Kami gelorakan selogan jauhi Narkoba, dekati belantara,” sebutnya.

Untuk destinasi wisata yang akan dilintasi sekitar 60an riders ini, Provinsi Sulawesi Selatan memang terbilang lebih banyak dari Sulawesi Tengah. Khusus Sulawesi Tengah, diungkapkan Durry Belona, bahwa hanya objek wisata Matantimali yang nantinya akan disinggahi. “Memang sebelumnya kita berpikiran untuk melintasi Lembah Napu, hingga ke Poso. Namun oleh aparat keamanan, memberikan imbauan kami untuk tidak melintasi daerah tersebut yang memang masih dalam daerah operasi pihak kepolisian,” jelas Durry. Total lintasan nantinya yang akan dilewati, lanjut dia, sekitar 1.500 kilometer, di mana 80 persen medan yang dilalui adalah jalur offroad dan di tengah hutan. (agg)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.