Instanusantara Promosikan Destinasi Wisata Nusantara

- Periklanan -

Gelar Nasional Gathering ke-5 di Palu

Pose bersama peserta Nasional Gathering Instanusantara dengan Gubernur Sulteng yang diwakili Hidayat Lamakarate, Dewan Adat Kota Palu, dan tokoh masyarakat Kelurahan Lere, di halaman Souraja, Kelurahan Lere, Palu Barat, Senin (1/5). (Foto: Arwansyah)

PALU – Instanusantara atau yang lebih dikenal dengan hastag #instanusantara, adalah salah satu komunitas fotografi di Indonesia. Saat ini, sudah memiliki sekitar 4.000 anggota yang terbagi atas 20 regional.

Komunitas pencinta fotografi yang berdiri sejak lima tahun lalu ini, memiliki visi untuk membawa keindahan alam dan budaya Indonesia ke mata dunia internasional melalui fotografi.

Misinya, Instanusantara memiliki dua program tahunan yang terus berjalan setiap tahun. Salah satunya adalah Nasional Gathering seperti yang dilaksanakan selama tiga hari di Palu. Gathering berakhir kemarin (1/5) di Halaman Souraja, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat. Nasional Gathering merupakan kegiatan yang sudah kelima kalinya dilaksanakan.

Nasional Gathering yang ke-5 ini diikuti sekitar 85 orang peserta dari seluruh Indonesia. Pada kunjungan peserta Nasional Gathering di Souraja hari itu, tampak hadir Gubernur Sulteng yang diwakili Staf Ahli Hidayat Lamakarate, pengurus Dewan Adat Kota Palu, serta beberapa tokoh masyarakat Kelurahan Lere.

- Periklanan -

Pada kesempatan itu, peserta Nasional Gathering Intanusantara mendapat suguhan musik tradisional Kaili dan beberapa tarian dari Sanggar Seni Souraja.

Andi Afriansyah, pendiri Intanusantara mengungkapkan, selain Nasional Gathering iven tahunan lain yang dilaksanakan Istanusantara adalah Intanusantara National Photo Hunting. Dan telah dilaksanakan sebanyak dua kali. Ke depan akan dilaksanakan untuk yang tiga kalinya.

“Insya Allah tahun ini akan kita laksanakan yang ketiga kalinya. Untuk Nasional Gathering yang keenam kalinya, rencananya akan dilaksanakan di Palangkaraya, Bali, atau Jakarta,” ujar Andi kemarin.

Sebelum berkunjung ke Sou Raja, peserta Nasional Gathering telah mengunjung objek wisata Tanjung Karang, Puse Ntasi dan beberapa objek wisata yang ada Donggala maupun Kota Palu. Andi menilai, Kota Palu memiliki destinasi wisata yang komplit. Mulai dari wisata pegunungan, budaya, laut, bawah laut juga punya. “Kota Palu dan sekitarnya cantik,” pujinya.

Sekadar diketahui, untuk mempererat silaturahmi antar anggota Instanusantara, sering dilakukan photo walk. Mengundang beberapa anggota untuk bertemu dan hunting foto di beberapa spot menarik.  Selain bertemu dengan kenalan baru sesama anggota Instanusantara, para anggota juga bisa saling berbagi ilmu fotografi untuk menghasilkan foto berkuliatas dan lebih baik.

Setiap harinya, Instanusantara juga memberikan tantangan untuk para anggota mengunggah foto terbaiknya tentang budaya dan keindahan alam Indonesia.  Jika mencari hastag #Instanusantara di Insatagram, akan ditemukan banyak foto-foto amatir dan profesional yang membuat takjub. Banyak sisi wilayah di Indonesia yang perlu dieksplor lebih lanjut. (ars/adv)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.