Instalasi Listrik Rumah Berusia di Atas 10 Tahun Harus Dicek

- Periklanan -

PALU – Terkait data dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu yang menyatakan di 2018 kebakaran yang disebabkan korsleting listrik masih mendominasi. Manager PLN Area Palu, Abbas Saleh, mengatakan hal itu tidak akan terjadi jika listriknya legal dan instalasinya sesuai dengan prosedur.
“Karena di dalam meteran itu ada yang namanya MCB (miniature circuit breakers) sedikit saja trabel, itu otomatis pasti mati, makanya kalau ada pohon jatuh yang kena instalasi di luar itu langsung mati, untuk mengamankan orang baik di luar maupun di dalam rumah,” tuturnya, Jumat (4/1).
Terkait instalasi listrik di rumah, kata Abbas, idealnya yang di atas usia 10 tahun harusnya dilakukan pengecekan kembali. Dan yang berwenang melakukan pengecekan dan pengerjaan adalah asosiasi-asosiasi kontraktor listrik. Setelah dilakukan pengecekan, lanjut Abbas, kemudian harus dilengkapi dengan sertifikat layak operasi (SLO), baru kemudian pihak PLN yang bertugas mengaliri listrik.
“Jadi ada lembaga lagi lain lagi yang inspeksi khusus untuk memeriksa apakah instalasi itu layak diberi aliran listrik, termasuk PLN sendiri, jaringan-jaringannya kita juga harus melalui lembaga atau asosiasi itu, ketika sudah dinyatakan layak baru dialiri. Beda lembaga yang inspeksi dan lembaga yang mengerjakan,” ungkapnya.
Sementara itu, saat dikonfirmasi bagaimana mekanisme untuk mengajukan pemeriksaan instalasi listrik, Abbas mengaku tidak terlalu paham. Pasalnya, hal tersebut di luar ranah pihak PLN. “Banyak asosiasi begitu di Kota Palu, jadi kalau ada yang mau mengajukan silahkan datang ke kantornya,” bebernya.
Dalam beberapa kasus kebakaran dalam amatannya, belum ditemukan kasus kebakaran akibat korsleting listrik yang alirannya masuk dalam kategori legal dan sudah sesuai prosedur. Untuk itu dia mengimbau untuk warga Kota Palu, agar jangan melakukan penyambungan apapun tanpa MCB atau meteran. Pasalnya, hal itu sudah berada di luar proteksi yang pihak PLN bangun.
“Yang paling penting, untuk yang merasa instalasinya sudah lama, bisa dilakukan pengecekan dan meminta tenaga yang memang ahli dalam bidang itu, sehingga ketika ada kabel yang kurang layak itu secepatnya bisa di ganti, memakai material yang berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI). Kalau ada pemadaman, kalau bisa lampu cas juga kan sudah canggih-canggih sekarang, biar tidak pakai lilin lagi,” demikian kata Abbas. (win)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.