Inilah Pesan Moral dari Ustad Abdul Somad

- Periklanan -

 

FOTO: HANIF/RADAR SULTENG
RIBUAN MASSA: Ribuan orangtua siswa, SD, SMP, SMA Al-Azhar dan masyarakat Kota Palu, memadati halaman SMA Al-Azhar Palu, mendengarkan tausiah Ustad Abdul Somad, Senin (24/9).

PALU – Ustad Abdul Somad (UAS), mengawali lawatannya di Palu dan Parigi, dengan bersilaturrahim dengan ribuan orangtua siswa SD, SMP dan SMA Al-Azhar Palu, Senin kemarin (24/9).

Tiba di Palu dengan penerbangan reguler sekitar pukul 15.30, UAS istirahat sebentar di hotel tempatnya menginap. UAS kemudian bersilaturrahim sekaligus mengisi tausiah di SMA Al-Azhar Palu, mulai pukul 17.00 sampai sesaat menjelang azan magrib.

Di hadapan ribuan massa, Ustad Abdul Somad menguraikan berbagai hikmah. Mulai dari pujiannya terhadap lulusan Al-Azhar yang banyak diterima di lembaga pendidikan bergengsi, model pergaulan siswa, pentingnya menjaga adab dan akhlaq, anjuran untuk banyak berinfaq, sampai pada larangan berpacaran dalam Islam.

“Saya tadi disodorkan daftar lulusan Al-Azhar yang banyak diterima di berbagai perguruan tinggi terkemuka di seluruh Indonesia. Saya kagum, sekaligus bangga. Bukan hanya berakhlaq, tapi juga cerdas. Nama yang paling atas, mendaftar di sekolah pilot,”katanya disambut aplaus para orangtua.

Bangga dengan akhlaq siswa Al-Azhar, karena saat melihat ke kumpulan siswa, UAS melihat antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, tidak saling berbaur satu sama lain. Selain itu, siswa juga sejak awal tausiah, tampak khidmat memerhatikan isi ceramah dan tidak ada satu pun yang sibuk selvie.

“Saya pernah isi ceramah sangat singkat di suatu tempat, karena saya lihat audiencenya hanya sibuk selvie ketimbang dengar ceramah,”katanya.

- Periklanan -

Mengomentari tentang pendidikan, menurut UAS, sangat penting bagi orangtua untuk menanamkan nilai-nilai luhur dan adab bagi anak-anaknya di enam tahun bangku SMP dan SMA. Olehnya, sangat penting kata UAS, untuk memilih sekolah bagi anak, yang bukan hanya membuatnya cerdas, tetapi berakhlaq dan paham terhadap agama.

“Sebab ketika nanti kita meninggal, anak-anak kita lah yang akan memandikan, mendoakan, sampai membawa kita ke kubur. Doa anak saleh, adalah salah satu amalan yang tidak terputus, walaupun kita sudah mati. Jangan sampai, ketika kita mati, anak-anak kita justru bingung mau buat apa untuk kita. Jangankan memandu kita untuk mengucapkan talqin dan doakan, saat sekaratul maut, anak-anak kita justru sibuk foto lalu upload dan berharap mendapat like dan share,”katanya lagi.

Kepada anak-anak muda, UAS juga berpesan untuk menjaga pergaulan. Dengan tegas, UAS mengatakan tidak ada sedikit pun dalam syariat Islam mengenal istilah pacaran. Bahkan kata UAS, pacaran diharamkan oleh Islam, karena menjadi pintu masuk terjadinya zina.

“Berikhtilat saja dilarang, apalagi pacaran. Alhamdulillah siswa Al-Azhar tidak ada yang pacaran,”tegas UAS.

Dalam tausiahnya, UAS juga mengajak seluruh yang hadir untuk memberikan infaqnya, sebab saat ini SMA Al-Azhar Palu, sedang menggalang bantuan untuk pembangunan Masjid. Spontan UAS, memberikan sumbangannya ke kotak-kotak yang telah disediakan panitia.

“Inilah modal kita untuk akhirat kelak. Janji Alla dan Rasul-Nya, barang siapa yang membangun Masjid di dunia, akan dibangunkan istana di akhirat atau di Surga kelak,”katanya.

Turut disinggung UAS, terkait isu Atheis atau kelompok tidak bertuhan. Indonesia dengan falsafah Pancasilanya, telah tegas menolak paham Komunis, karena tidak sesuai dengan nilai agama dan nilai luhur negeri ini.

“Makanya sangat penting bagi kita menanamkan nilai-nilai tauhid dan aqidah untuk anak-anak kita, supaya mereka bisa membedakan mana Tuhan mana Hantu. Setelah mereka mantap akidahnya dan pondasi agamanya, silakan mereka mau lanjut studi di mana,”tandasnya.

Sesuai jadwal dari panitia, Ustad Abdul Somad dijadwalkan berada di Palu sampai Rabu besok. Selasa pagi ini, akan bertolak ke Kabupaten Parimo. Di Masjid lokasi eks Sail Tomini, UAS akan mengisi tablig akbar sampai siang. Malam ini, setelah salat Isya akan mengisi tablig akbar di halaman Masjid Agung dan Rabu subuh besok, mengisi tausiah di Masjid Raya Baiturrahim Lolu Palu.(hnf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.