Inilah Beberapa Agenda Mengenang Setahun Bencana Pasigala

- Periklanan -

PALU – Mengenang setahun terjadinya bencana gempa bumi, tsunami dan likuefaksi 28 September 2018 lalu yang melanda Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala (Pasigala) dan Parigi Moutong sejumlah agenda telah disiapkan, baik dari forum penyintas, organisasi wartawan, maupun agenda dari pemerintah.
Berikut agenda kegiatan mengenang setahun bencana Pasigala yang dirangkum radarsulteng.id;

*Pameran Foto Karya Jurnalis

Setahun Setelah Bencana 28 September 2018 di Sulawesi Tengah (Sulteng), digelar, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palu dan Perum LKBN Antara Biro Sulteng. Tema, Sulteng Bangkit, Digelar 26, 27, 28 September 2019 di lapangan Vatulemo Kota Palu.
Rangkaian pameran foto karya jurnalis setahun setelah bencana 28 September 2018 di Sulteng dilaksanakan diskusi fotografi, menghadirkan Jurnalis Foto LKBN Antara, Oskar Matulo. Tema, Memotret di Lokasi Bencana, digelar 27 September 2019, pukul 14.00 WITA di Lokasi Pameran Foto Sulteng Bangkit Lapangan Vatulemo.

*Lost Home Project

Akan dilaksanakan, 27 September 2019. Merupakan sebuah kegiatan diskusi serta pemaparan materi tentang rekonstruksi area ataupun desa yang rusak parah dan hilang akibat bencana 28 September 2018. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Ruang Dualapan Jalan Ki Hajar nomor 28, Kota Palu. Pukul 19.30 WITA sampai dengan pukul 22.00 WITA. Diskusi serta pemaparan materi ini dihadiri Dr. Osamu Tsukihasi, Eng, seorang Professor di bidang Arsitek asal Jepang, Prof. Isamu Sakamoto, seorang professor di bidang konservasi kertas asal Jepang, dan Dea Aulia Widyaevan, ST, Msn, seorang seniman sekaligus dosen arsitek asal Indonesia.
*Dialog Publik

Menghadirkan tokoh-tokoh politik dan sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemkot Palu. Dengan tema, “Srategi Percepatan Pembangunan Sulawesi Tengah Pasca Bencana”. Kegiatan dialog ini merupakan refleksi satu tahun bencana yang menimpa Sulawesi Tengah, khususnya Pasigala. Terbuka untuk umum, gratis.

*Tahlil Akbar

Digelar Himpunan Pemuda Alkhairaat.
Tema, mengenang 1 tahun Korban Jiwa Bencana Alam Gempa, Tsunami dan Likuifaksi di Kota Palu, Kab. Sigi dan Kab. Donggala.
Bersama para Habib dan Shayh, Sabtu 28 September 2019, pukul 17.30 WITA sampai selesai di Masjid Alkhairaat dan sepanjang Jalan Sis Aljufri Palu.
Diperkirakan akan dihadiri 50.000 umat Muslim.

*Forum Korban Bencana Balaroa

Forum masyarakat korban bencana gempa dan likuefaksi Kelurahan Balaroa akan menggelar Doa, Zikir dan Tahlil yang akan dilaksanakan, 28 September 2019, pukul 16.00 sampai selesai di Jalan Manggis Atas sekitar lokasi likuefaksi Kelurahan Balaroa Kota Palu.

*Zikir Akbar

Mengenang setahun bencana gempa bumi, tsunami dan likuefaksi 28 September 2018 di Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong. Diprakarsai Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Digelar di lapangan Vatulemo 28 September 2019, pukul 17.00 WITA.

- Periklanan -

*Merayakan Memorama

Merupakan peringatan satu tahun bencana gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi yang terjadi di Palu, Sigi, dan Donggala (Pasigala) 28 september 2018 lalu. Dilaksanakan perkumpulan forum sudut pandang dan bekerja sama dengan Kolektif Lifespatch, Sabtu 28 September 2019 di auditorium RRI Sulawesi Tengah.

*HijrahFest Palu 2019

Event keagamaan Islam yang mengambil tema “Hijrah After Disaster” bertujuan menghilangkan trauma warga Sulawesi Tengah secara spiritual terkait dengan kejadian bencana setahun yang lalu. Diagendakan pengisi acara dari beberapa ustad serta tokoh-tokoh agama yang inspirasional. Terbuka untuk umum dan dibuka pembelian tiket.
Dilaksanakan 26-28 September 2019 di Jodjokodi Convention Centre (JCC) Palu Jalan Prof. Moh Yamin Palu.

*Pameran Foto Online

Dilaksanakan Akun Instagram @Instanusantarapalu #InstanusantaraPalu28Project.
Event pameran foto-foto tentang perkembangan daerah yang terdampak bencana setelah setahun berlalu, akan diunggah di akun instagram @Instanusantarapalu, Sabtu, 28 September 2019 selama 24 jam. Terbuka untuk umum, gratis, tidak dikenakan biaya pendaftaran.

*Dialog Refleksi

Dialog refleksi satu tahun bencana di Palu Sigi Donggala (Pasigala). Tema, Strategi Percepatan Pembangunan Sulawesi Tengah Pasca Bencana.
Dilaksanakan Lingkar Studi dan Demokrasi Indonesia (LS-ADI, Kamis 26 September 2019, pukul 20.00 WITA. Warkop Tanaris Jalan Ir. Juanda Palu.
Menghadirkan pembicara sejumlah Pejabat Pemerintah Provinsi Sulteng dan Pemerintah Kota Palu, Anggota DPR RI perwakilan Sulteng.

*Ibadah Dan Doa Bersama

Mengenang Setahun Bencana Alam Pasigala, gempa bumi, tsunami, likuefaksi, 28 September 2018 lalu.
Digelar di GKST Imanuel Palu Jalan Masjid Raya Palu, 28 September 2019, pukul 06.00 pagi. Jemaat akan mengenakan pakaian putih.

*Doa Bersama

Doa bersama mengenang setahun peristiwa bencana, gempa bumi, tsunami, likuefaksi 28 September 2018 lalu. Digelar di taman GOR Palu Jalan Moh Hatta, pukul 18.00. **

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.