Ini Pesan Rektor kepada Wisudawan Unismuh Palu

- Periklanan -

PALU – Universitas Muhammadiyah Palu menggelar wisuda ke-48, Sabtu (3/8), di Gedung Islamic Fenter Unismuh Palu. Hari ini juga merupakan momen istimewa bagi Unismuh Palu, karena genap berusia 36 tahun.
Sementara pada wisuda ke-48 ini, wisudawan program pascasarjana berjumlah 31 orang, dan kurang lebih 400 wisudawan program strata satu. Dari wisudawan wisudawati tersebut terdapat wisudawan dan wisudawati yang berprestasi. Pada program pascasarjana diraih Mulkus, dengan IPK 3,90 masa studi 1 (satu) tahun 10 bulan. Untuk Program sarjana, masing-masing terbaik 1, 2, 3, 4 dan 5 diraih oleh Fahrudin, IPK 3,93, masa studi 3 tahun 10 bulan, Deliana Padiku, IPK 3.90, masa studi 3 tahun 10 bulan, Yasdia Yaksen, IPK 3,86 masa studi 3 tahun 7 bulan, Hikmah IPK 3,86 masa studi 3 tahun 7 bulan, dan Ahmad Solikhin IPK 3,84 masa studi 3 tahun 4 bulan.
Selain itu, terdapat wisudawati termuda yakni Dini Oktaviani dengan usia 20 tahun 9 bulan. Dan wisudawan tertua, Johnson dengan usia 50 tahun 2 bulan.
Sebagai bentuk penghargaan atas capaian yang telah diraih wisudawan wisudawati berprestasi tersebut, maka kata Rektor Unismuh Palu Dr H Rajindra SE MM, tentunya diberikan reward kepada yang bersangkutan. Dengan harapan dapat menjadi spirit untuk tetap berprestasi. “Dan juga sebagai cambuk/pendorong bagi mahasiswa yang sedang menjalani masa studinya,” pesannya.
Selaku rektor dan atas nama segenap civitas akademika, Rajindra mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati. Karena kata dia, pada hari ini, gelar akademik telah melekat di pundak para wisudawan setelah melalui proses perjuangan yang cukup panjang dan melelelahkan. “Akhirnya pada hari ini telah menuai hasilnya,” ucapnya.
Mengakhiri pidato dan laporan dan laporan kinerja penyelenggaraan Catur Darma Perguruan Tinggi Unismuh Palu, selaku Rektor dan Segenap Civitas Akademika mengucapkan selamat kepada wisudawan wisudawati karena pada hari ini, gelar akademik telah melekat di pundak para wisudawan setelah melalui proses perjuangan yang cukup panjang dan melelelahkan ini. “Akhirnya pada hari ini telah menuai hasilnya,” kata rektor.
Namun, kata dia, ini bukanlah akhir dari perjuangan, tapi justru merupakan awal dari perjuangan dan tanggung jawab selaku agent of change atau agen pembaharu untuk menerangi jalan kehidupan orang lain.
Melalui momentum ini, rektor menitipkan pesan-pesan kepada wisudawan wisudawati, Pertama, bahwa keberhasilan yang telah saudara raih sesungguhnya atas izin dan ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa serta doa dan dukungan kedua orang tua yang tak cukup dinilai secara materiil semata dan juga dukungan dari saudara, keluarga serta semua pihak yang turut andil dalam penyelesaian studi para wisudawan.
Kedua, gelar akademik yang telah diraih dan ilmu yang dimiliki bukan menjadikan para wisudawan berbangga diri, tetapi justru merupakan amanah yang diemban dalam mencerdaskan umat menuju Rahmatan Lil-Alamin.
Ketiga, di era yang sangat kompetitif dan penuh dinamika problematika hidup yang tak berkesudahan ini, maka sudah saatnya para wisudawan harus tampil menjadi pribadi yang unggul penuh semangat dan jangan mudah putus asa.
“Karena putus asa bukanlah sifat orang-orang yang beriman dan berilmu, serta yakinlah bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan merubah nasib kita sepanjang kita selalu berusaha dengan gigih dan benar di jalan-Nya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Mujadalah Ayat 11,” sebut rektor sembari membacakan bunyi ayat tersebut.
“Artinya, Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat,” imbuhnya.
Keempat, lanjut rektoor, jagalah etika dan akhlak dalam berinteraksi, janganlah lalai dalam beribadah, justru dengan ilmu yang dimiliki menjadikan lebih dekat dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa.
Kemudian pesan kelima yang disampaikan rektor, jaga nama baik Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Palu sebagai wujud kecintaan saudara terhadap almamater, dan teruslah berkarya demi mengharumkan nama baik Unismuh Palu. “Serta ajaklah saudara, keluarga dan teman sejawat, untuk dapat menimba ilmu di kampus biru ini, kampus masa depan dalam membangun peradaban umat berkemajuan,” ajaknya.
Mewakili segenap Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Palu rektor menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam dukungannya baik secara moril maupun secara materil, sehingga pelaksanaan Wisuda dan Milad Universitas Muhammadiyah Palu yang ke-36 ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.
“Pada kesempatan ini pula, kami menyampaikan permohonan maaf yang setulus-tulusnya, jika dalam seluruh rangkaian proses penyelenggaraan wisuda ini terdapat berbagai kekurangan dan kekhilafan, mulai dari penulisan nama atau gelar yang tidak sesuai, penempatan posisi tempat duduk yang mungkin tidak pas dengan strata sosial bapak/ibu semua, kami mohon maaf yang setulus-tulusnya. Kami telah berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik, namun dengan berbagai keterbatasan kami selaku manusia biasa yang tidak luput dari berbagai salah dan khilaf sekali lagi kami mohon dimaafkan,” pungkasnya. (fdl)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.