Ini Negara-Negara yang Punya Pink Taxi Khusus Perempuan

- Periklanan -

Viira Cabs tersedia di Mumbai, India. (Foto: Viira Cabs Facebook via NYT)

TIDAK hanya Pakistan yang punya Pink Taxi. Alat transportasi yang dikhususkan bagi perempuan itu juga dimiliki negara-negara lain. Bentuknya memang tidak selalu taksi. Namun, yang pasti, transportasi umum itu hanya melayani penumpang perempuan. Lelaki dilarang naik.

Di Kathmandu, Nepal, ada bus khusus perempuan. Bus tersebut bertujuan membuat penumpang perempuan lebih nyaman dan aman saat berpergian. Berdasar data Bank Dunia 2013, hampir seperempat perempuan di Nepal pernah menjadi korban pelecehan seksual di dalam transportasi publik. Terutama saat jam-jam sibuk.

Bus khusus perempuan juga ada di Kuala Lampur, Malaysia. Di-launching oleh Rapid Lady Bus, sesuai namanya bus ini hanya melayani perempuan dan perempuan. Tidak beda jauh dari di Nepal, bus ini disediakan demi kenyamanan penumpang perempuan.

- Periklanan -

Di Kairo, Mesir, ada kereta bawah tanah yang dikhususkan bagi perempuan. Angka pelecehan seksual di negara ini memang tidak main-main. Berdasar data yang dirilis U.N. Women pada 2013, 99 persen perempuan di Kairo pernah mengalami pelecehan seksual dalam berbagai bentuk.

Kereta bawah tanah khusus perempuan juga ada di Tokyo, Jepang. Kereta itu disediakan untuk perempuan, anak-anak sekolah dasar, dan anak-anak yang lebih muda. Tujuannya sudah pasti, demi kenyamanan penumpang.

Bentuk transportasi seperti taksi khusus perempuan juga ada di New York, Amerika, dan di Mumbai, India. Di New York bentuknya aplikasi SheRides. Aplikasi itu adalah aplikasi taksi online yang digagas oleh Stella Mateo. Layanannya, hanya menerima penumpang perempuan dengan sopir perempuan juga.

Di Mumbai, India, Viira Cabs menyediakan layanan taksi door-to-door dengan sopir perempuan. Di dalam kendaraan mereka juga dilengkapi oleh sistem GPS dengan tombol panik. (jpnn)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.