Ini Lokasi Wi-fi Gratis di Kota Palu

- Periklanan -

Ilustrasi (@jpnn.com)

PALU – Bagi masyarakat Kota Palu yang ingin menggunakan internet gratis, kini telah tersedia di beberapa titik. Dari lima titik yang direncanakan, sudah ada tiga titik yang bisa dipakai sekarang.

Ketiga titik yang telah dipasang wifi gratis yakni Anjungan Pantai Talise Jalan Rajamoili tepatnya depan Kantor TVRI Sulteng, Taman GOR Jalan Moh Hatta, dan Taman Vatulemo Jalan Moh Yamin.

Sisanya dua titik yang segera menyusul dipasang wifi gratis adalah, Lapangan Taman Nasional Jalan Sultan Hasanuddin, serta Rujab Siranindi yang ditinggali Gubernur Sulteng di Jalan Moh Yamin.

“Di titik-titik itu free wifi. Tak perlu password, langsung terkoneksi. Silakan datang saja di tiga titik yang telah terpasang wifi gratis, apakah pakai HP android atau bawa laptop,”kata Kadis Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Sulteng, Muhammad Nizam, di kantornya Senin (12/6).

- Periklanan -

Kapasitas bandwidth di setiap titik kurang lebih 20 MB, dengan radius 40 meter. Bisa digunakan maksimal 20 orang pengguna. Baru beberapa wilayah saja yang terpasang dan belum seluruh kecamatan di Kota Palu. Itu merupakan hasil kerja sama Telkom dengan Pemprov Sulteng. “Nama jaringan free wifi-nya adalah kominfo wifi id,”ujar Nizam lagi.

Tujuan pemasangan wifi gratis kerja sama dengan Telkom, lanjut Nizam, dalam rangka membantu sekaligus mencerdaskan masyarakat untuk menambah ilmu di dunia maya. Sebab di era global saat ini, internet sudah menyamai kebutuhan pokok. Terlebih lagi bagi mahasiswa kurang mampu maupun pelaku market bisnis, keberadaan wifi gratis dapat membantu mereka dalam mengerjakan tugas kuliah atau transaksi jual beli.

“Alhamdulillah, internet gratis ini sudah memberi manfaat bagi sebagian masyarakat Palu dari berbagai profesi. Meski kapasitasnya masih segitu, yang jelas sudah lebih membantu. Tak perlu lagi keluarkan uang untuk internetan”kata kadis Kominfo.

Meski demikian, Nizam tetap berharap sarana wifi gratis dimanfaatkan untuk hal-hal positif saja. Jangan sampai disalahgunakan untuk hal-hal yang membahayakan diri sendiri atau orang lain. Meski tetap ada konten-konten negatif, sebisa mungkin dihindari demi mencegah segala kemungkinan hal buruk.

“Keberadaan titik-titik wifi gratis, tetap kami evaluasi setelah terpasang beberapa bulan berjalan ini. Akan ada tindaklanjut dari evaluasi kami nantinya ke depan,”demikian Nizam. (cr5)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.