BERITA PILIHAN

Ini Cara Mendapatkan Listrik Gratis PLN

Dilihat

PALU – PT PLN (Persero) akan membagikan token listrik gratis kepada pelanggan prabayar listrik golongan 450 voltampere (VA) dan subsidi 900 VA selama 3 bulan ke depan.

Lalu bagaimana mendapatkannya?
Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palu Muhammad Wardi Hadi menjelaskan untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni.

Sementara untuk pelanggan prabayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id. “Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir,” jelas Wardi.

Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, lanjut Wardi, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen. “Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir,” ulasnya.

Dia juga mengungkapkan mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50 persen untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.

Mekanisme website dengan cara:
1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.


Atau bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :
1. Buka Aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

“Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir,” sebutnya.

Menurut Wardi, kebijakan PLN terswbut merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers virtual yang disampaikan dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/3), Pemerintah berupaya menjaga dunia usaha utamanya usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah, agar tetap beroperasi dan mampu menjaga penyerapan tenaga kerjanya di tengah pandemi Covid-19 salah satunya terkait tarif listrik.
Wardi menjelaskan, berdasarkan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) untuk pelanggan listrik 450VA yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan, akan digratiskan selama 3 bulan ke depan yaitu untuk bulan April, Mei, dan bulan Juni 2020.

Sedangkan untuk pelanggan 900VA (subsidi) yang jumlahnya sekitar 7 juta pelanggan akan didiskon 50 persen selama tiga bulan ke depan.
Sementara bagi pelanggan lain tetap berlaku tarif normal. Namun demikian untuk bulan April ini, tagihan rekening listrik dihitung dari rata-rata harian dalam tiga bulan terakhir. Pasalnya, pencatatan dan pemeriksaan stand meter pelanggan ditangguhkan sementara waktu.

“Ini merupakan bagian dari kepedulian kita semua di tengah pandemi Covid-19. Dan dalam kondisi WFH kami menghimbau pelanggan tidak lupa membayar listrik dari tanggal 1 sampai 20 dengan menggunakan internet banking, mobile banking maupun aplikasi e-commerce lainnya,” pungkas Wardi.(fdl)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.