Ingin Maju di Pilkada Donggala? Kumpulkan 19.600 KTP

- Periklanan -

Ilustrasi (@jpnn.com)

DONGGALA–Meski masih setahun lagi, suasana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Donggala sudah mulai memanas. Terbukti sudah banyaknya reklame-reklame yang terpasang di setiap sudut daerah berjuluk kota tua ini.

Seperti dikabarkan sebelumnya, diprediksi ada delapan Pasangan Calon (Paslon) yang akan meramaikan Pilkada Donggala tahun 2018 nanti. Namun ada beberapa Paslon yang kemungkinan akan menggunakan jalur independen.

- Periklanan -

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh Paslon yang menempuh jalur independen tersebut.

Menurut kepala Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Donggala, Tazkir Suleman, minimal Paslon tersebut harus mengumpulkan suara sebesar 19.600 jiwa. Hal itu berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di Donggala saat Pemilihan Gubernur beberapa tahun lalu. “Beradasarkan peraturan yang ada, jumlah pengumpulan suara diambil dari 10 persen DPT yang ada. Sementara itu DPT di Donggala sendiri berjumlah 196 ribu,” ungkapnya.

Mendekati masa Pilkada, kata Tazkir, belum ada gambaran jelas siapa saja yang akan maju melalui jalur independen. Namun kata Taskir, sudah ada beberapa tim sukses dari Paslon yang datang ke KPU untuk mempertanyakan syarat dan ketentuan untuk maju di Pilkada nanti. “Mereka sudah mulai menanyakan soal pendaftaran dan syarat lainnya untuk maju di Pilkada,” ujarnya.

Sejauh ini kata dia, persiapan KPU dalam penyelenggarana Pilkada baru samai di pembahasan anggaran. “Mungkin akhir-akhir tahun sudah mulai masuk tahapan pertamanya. Karena kita mengikuti ketetapan dari KPU pusat,” pungkasnya.(ujs)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.