IKA Untad Gelar Rakernas 2017

- Periklanan -

Suasana Rapat Kerja Pengurus IKatan Alumni(IKA) Universitas Tadulako (Untad) se Indonesia, Sabtu (30/9), akhir pekan lalu. (Foto: Ist)

PALU– Rapat Kerja (Raker) Pengurus Pusat Ikatan Alumni (IKA) Universitas Tadulako (Untad) se Indonesia Tahun 2017 yang dilaksanakan di Hotel The Sya Regency Jalan Sisigamangaraja, Sabtu (30/9).

Mengusung tema “Kosolidasi kelembagaan ikatan alumni Universitas Tadulako untuk peningkatan peran aktualisasi citra almamater”. Secara resmi kegiatan raker dibuka oleh pengurus pusat ikatan alumni (IKA) oleh Gubernur Sulawesi Tengah, diwakili Ir HM Faisal Mang MM sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan.

Ir HM Faisal Mang MM mengatakan, Raker pengurus pusat IKA Untad tahun 2017 adalah agenda yang telah diamanatkan dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Tujuannya untuk membahas program raker IKA Untad secara mendalam.

“Oleh karena itu, program-program yang dirumuskan dan disepakati dalam rapat ini hendaknya dilaksanakan dengan penuh komitmen, kerjasama, ketekunan dan keikhlasan,” ujar Faisal.Pihaknya berharap kepada peserta agar dapat menentukan program-program prioritas yang signifikan berdampak bagi kemajuan IKA Untad.

Karena itu dibutuhkan kecermatan peserta raker untuk memilih mana program yang patut diangkat dan didahulukan. Dan bukan sekadar asal-asalan membuat program atau biasa disebut copy paste dari sebelumnya, atau mengganti nama program lama agar kesannya baru dan fresh.

“Padahal program itu sebelumnya tidak pernah dilaksanakan pengurus,” ujarnya.

- Periklanan -

Lanjutnya, raker ini berperan untuk mengkonsolidasi ide-ide demi tersusun dan disepakatinya program-program IKA Untad ke depan. Karena itu, pihaknya mengajak untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk mengkritisi dan menginovasi program-program IKA Untad, agar tertata dengan baik dan berhasil.

Sekretaris Jendral PP Ikatan Alumni Universitas Tadulako, Dr Muzakir Tawil Msi menyebutkan dalam rangkaian kegiatan raker pengurus pusat IKA Untad didasari anggaran dasar dan anggaran rumah tangga bahwa setiap tahun akan melaksanakan rapat kerja.

“Selama setahun program kerja ini yang insya Allah nantinya hasil dari raker ini akan menghasilkan program yang bisa menjawab semua tantangan maupun bisa memberikan kontribusi dan memberikan ide kepada pemerintah, bagi fakultas dan masyarakat secara keseluruhan,” kata Muzakir.

Dr Eko Joko Lelono MSi sebagai Koordinator Presidium Pengurus Pusat Ikatan Alumni Untad menjelaskan bahwa kepengurusan IKA kali ini adalah presidium dengan kemimpinan kolektif kolegial. Dan telah disepakati bersama bahwa akan diputar setiap enam bulan. Kata dia, tujuan yang utama itu, ingin menjembatani teman di seluruh dunia. sebab, alumni Untad ini bukan hanya di Kota Palu, bukan hanya Indonesia tentunya di sejumlah negara.

“Secara individu, dan memang ada sudah menetap dan ada memang karena tugas-tugas negara lainnya,” jelasnya.

Yang telah dilakukan oleh IKA selama kurun sembilan bulan hasil dari kerja-kerjanya ialah tidak lain untuk mengkonsolidasi organisasi ini supaya memiliki kekuatan atau modal sosial untuk pembangunan di Indonesia terkhususnya Sulawesi Tengah. Dan tidak mudah memang untuk menyatukan jumlah alaumni lebih dari lima puluh lima ribu orang yang sudah bergerak di dunia nyata.

Prof EM Drs Aminuddin Panulele MS pernah menjabat sebagai Rektor Untad, mengungkapkan bahwa, dirinya berharap yang paling terpenting agar IKA ini sesuai dengan programnya dan memperkuat juga perkembangan dari Untad itu sendiri, jangan hanya nama IKA Untad.Rektor Untad yang diwakili Prof Dr Andi Lagaligo sebagai Wakil Rektor Bidang Pengawasan dan Perencanaan Untad menambahkan sesuai dengan tema yang diangkat yaitu kosolidasi kelembagaan ikatan alumni Untad untuk peningkatan peran aktualisasi citra almamater ini sangat menarik. “Semoga Rapat kerja ini lebih berhasil dengan cita-cita yang mulia ke depan,” tutupnya. (Cr2)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.